BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Gencarkan Pengawasan untuk Menjamin Keamanan Pangan Segar Bagi Masyarakat

BOGOR - Jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) puasa dan lebaran, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) gencarkan pengawasan pemenuhan standar keamanan dan mutu pangan guna memastikan pangan segar yang dikonsumsi masyarakat aman dan terhindar dari kandungan residu yang melebihi ambang batas.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi III Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto, Kamis, (9/2/2023), di Pasar Baru, Kota Bogor. Ia menegaskan, NFA menerjunkan Otoritas Kompeten Keamanan Pangan (OKKP) bersama OKKP provinsi dan kabupaten ke pasar tradisional untuk melakukan pengawasan terhadap pemenuhan standar keamanan dan mutu pangan.

“Pangan segar yang dijual langsung di pasar itu harus dipastikan keamanannya. Oleh karena itu kami bersama dengan OKKPD provinsi dan kabupaten serta Perumda Pasar turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan dan pengetesan pangan segar yang dijual di pasar”, tegas Andriko.

Ia menyebutkan, bahwa telah dilakukan pengujian langsung jenis-jenis pangan segar yang dijual di Pasar Baru Bogor antara lain kubis, cabai, strawberi, bawang bombay, anggur dan brokoli. Di mana setelah dilakukan pemeriksaan dengan rapid test beberapa komoditas pangan oleh Otoritas Kompeten Keamanan Pangan NFA diperoleh hasilnya berasa dalam tingkatan aman.

“Hasil aman tersebut artinya residu pestisida yang terkandung di dalam sayuran maupun buah di Pasar Baru Bogor yang telah diuji masih berada di bawah ambang batas maksimum residu,” jelasnya dalam kegiatan yang juga dihadiri Direktur Operasional Perumda Pasar Pakuan Jaya Deni Ari Wibowo dan Kepala Bidang Ketahanan Pangan Kota Bogor Soni Gumilar.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Kota Bogor Soni Gumilar sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh NFA tersebut. Pihaknya merencanakan pada tahun 2023 ini akan memulai secara intens kegiatan pengawasan pangan segar asal tumbuhan.

“Jelang puasa dan lebaran OKKPD Kota Bogor secara maksimal akan bekerjasama dengan NFA dan Perumda Pasar Pakuan Jaya, serta perguruan tinggi melakukan berbagai pengawasan dan pengetesan keamanan pangan di sejumlah pasar di wilayah Kota Bogor”, ungkap Soni.

Sementara itu, Kepala NFA Arief Prasetyo Adi pada kesempatan lain menekankan, jaminan keamanan pangan segar bagi masyarakat merupakan hal penting yang harus dilakukan secara bersama–sama melalui sinergi antara pemerintah Pusat dan pemerintah Daerah, termasuk di dalamnya penguatan kelembagaan pengawasan keamanan pangan pusat dan daerah.

“Pengawasan pemenuhan standar keamanan dan mutu pangan ini akan terus dilakukan, untuk memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat, bahwa pangan segar yang beredar di pasar itu aman untuk dikonsumsi, dan ini akan kita laksanakan dan tingkatkan skalanya,” ujarnya.


Upaya menjaga keamanan pangan ini sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo yang menekankan pentingnya keamanan pangan di tengah meningkatnya kebutuhan konsumsi masyarakat. Keamanan pangan diatur dalam Undang-Undang No. 18 Tahun 2012, tentang Pangan, yang mengamanatkan pemerintah untuk menjamin kecukupan pangan, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan.

——————————

Siaran Pers

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA)

027/R-NFA/II/2023

9 Februari 2023

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

komunikasi@badanpangan.go.id

Telp : 087783220455

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.