BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Hadiri Rakor Antisipasi Dampak El Nino yang Digelar Kominpus Badan Intelijen Negara (BIN)

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) hadiri Rapat Koordinasi Antisipasi dan Upaya Menghadapi Dampak El Nino terhadap Ketahanan Pangan dan Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat (Kominpus) Badan Intelijen Negara (BIN) di Jakarta pada Rabu (26/07/2023).


Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan NFA I Gusti Ketut Astawa dalam paparannya menyampaikan beberapa langkah strategis Badan Pangan Nasional dalam menghadapi dampak El Nino antara lain yaitu melalui penguatan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP), Penyaluran Bantuan Pangan, Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP), penyesuaian regulasi harga pangan, peningkatan produksi padi, serta Gerakan Pangan Murah (GPM) di berbagai daerah untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan.


"Kepala NFA Bapak Arief Prasetyo Adi sangat concern terhadap tantangan ini (El Nino), untuk itu sesuai instruksi Presiden Jokowi, kami telah menyiapkan beberapa langkah strategis untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan baik di tingkat pusat maupun daerah," ungkapnya.


Dalam kesempatan tersebut Deputi IV Bidang intelijen Ekonomi BIN I Gede Made Kartikajaya mengapresiasi upaya-upaya yang telah ditempuh Badan Pangan Nasional dalam menjaga stabilitas nasional di masa El Nino. Diharapkan upaya ini dapat dikolaborasikan lintas kementerian/lembaga pusat dan daerah, BUMN/BUMD Pangan, serta pelaku usaha di bidang pangan lainnya.



Turut hadir dalam Rakor tersebut perwakilan Deputi Bidang Klimatologi BMKG Ardhasena Sopaheluwakan, Setditjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian LHK Agus Rusly, perwakilan Ditjen Tanaman Pangan Kementan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Perum Bulog.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.