BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi Daerah yang Diselenggarakan Kemendagri

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri di Jakarta pada Senin (25/9/2023).


Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan NFA I Gusti Ketut Astawa memaparkan, saat ini tren kenaikan harga beberapa komoditas pangan masih terjadi, salah satunya beras di tingkat pedagang eceran. "Berdasarkan pengamatan kami melalui website Panel Harga Pangan, harga beras hari ini naik 30 rupiah menjadi 13.160 rupiah per kilogram untuk jenis Medium, dan naik 30 rupiah menjadi 14.760 rupiah per kilogram untuk jenis Premium."


Ketut menambahkan, dalam pengendalian inflasi pangan khususnya komoditas beras, NFA telah melaksanakan beberapa langkah aksi dan strategis untuk pengendalian harga beras, diantaranya Penetapan HPP Gabah Beras dan HET Beras, Penyaluran beras SPHP di PIBC, GPM di berbagai daerah, Penyaluran Bantuan Pangan Beras, serta Percepatan Realisasi Importasi Beras.


NFA terus melakukan akselerasi Penyaluran Bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dan Bantuan Penanganan Stunting. Penyaluran bantuan pangan beras untuk 21,353 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan penyaluran bantuan pangan daging ayam ras dan telur ayam ras penanganan untuk 1,446 juta Keluarga Berisiko Stunting (KRS) untuk periode bulan September, Oktober, dan November mulai dilaksanakan secara masif di seluruh daerah.


"Saat ini untuk wilayah DKI Jakarta bantuan pangan tahap kedua bulan September sudah terealisasi 100% dan kami akan percepat secara keseluruhan, akan ditargetkan selesai pada akhir bulan ini," imbuhnya.


Sebelumnya saat membuka Rakor, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengungkapkan situasi dunia saat ini masih sangat dinamis dan inflasi masih terjadi di beberapa negara besar, salah satunya Amerika Serikat. “Di Amerika Serikat, mereka menaikkan suku bunga federalnya untuk mengendalikan inflasi, yang mereka targetkan bisa dikendalikan, namun sampai hari ini masih kesulitan,” ungkapnya.



Selaras dengan hal tersebut Plt. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti membenarkan, kenaikan harga beras dalam negeri masih terus meningkat dan meluas. Akselerasi penyaluran bantuan pangan diharapkan dapat menekan kenaikan harga beras yang ada di pasaran.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.