BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Hadiri Seminar Nasional bertajuk "Peran Pemuda dalam Menyongsong Lumbung Pangan Dunia"

Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Rinna Syawal hadir sebagai narasumber dalam Seminar Nasional bertajuk "Peran Pemuda dalam Menyongsong Lumbung Pangan Dunia" yang diadakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI) bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Sukabumi pada Sabtu,(5/08/2023) di Sukabumi. 


Dalam kesempatan tersebut, Rinna mengungkapkan Indonesia memiliki keanekaragaman hayati terbesar dengan potensi pangan yang melimpah yang tersebar di setiap wilayahnya. Berkat hal tersebut, Rinna menambahkan bahwa Indonesia juga berpotensi menjadi lumbung pangan dunia namun masih diperlukan hilirisasi dan inovasi dari produk pertaniannya, yang mengarah kepada demand driven.


Upaya untuk menyokong hal tersebut tentu dimulai dengan kepastian ketersediaan pangan dalam negeri harus stabil, kemudian hilirisasi berbagai jenis pangan perlu ditingkatkan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang keberagaman konsumsi pangan perlu diintensifkan. Dengan demikian dapat mendukung terwujudnya sistem pangan yang tangguh untuk menunjang lumbung pangan dunia. 


Rinna juga mengajak seluruh mahasiswa ketika kembali ke universitasnya masing-masing agar berani berkontribusi secara aktif dan inovatif dalam pembangunan pertanian Indonesia, menjadi Agripreneur yang sukses serta membantu mengkampanyekan konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) yang berbasis pada potensi pangan lokal wilayahnya. Sebab seperti yang diungkapkan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi bahwa kemandirian pangan merupakan faktor kunci dalam membangun ketahanan pangan berbasis sumber daya dan kearifan lokal di tengah ancaman krisis pangan global dan dampak El Nino. 


Terlebih pemuda merupakan harapan bangsa sebagai regenerasi estapet pemimpin masa depan, pembangunan pertanian dan pangan harus bisa memastikan dapat meneruskan harapan bangsa dalam mewujudkan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia 2045.



Seminar Nasional tersebut turut dihadiri oleh Kementerian Koperasi dan UKM, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sukabumi, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Muhamadiyah Sukabumi dan delegasi mahasiswa pertanian dari beberapa universitas di Indonesia.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.