BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Inisiasi Perumusan Indikator Indeks Keamanan Pangan

BOGOR - Keamanan pangan merupakan aspek mutlak yang harus dipenuhi dalam menghadirkan pangan yang berkualitas. Karena itu diperlukan suatu pengukuran tertentu untuk melihat indeks keamanan pangan yang menjadi acuan bersama dalam melihat kondisi faktual terkait keamanan pangan baik pada skala nasional maupun daerah. 

Untuk itu, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) mendorong lahirnya Indeks Keamanan Pangan dengan mengumpulkan para stakeholder terkait untuk merumuskan indikator apa saja yang diperlukan.

"Aspek keamanan pangan ini sangat untuk penting untuk mewujudkan masyarakat lebih sehat dan produk lebih berdaya saing,  sehingga ukuran pencapaian kebijakan keamanan pangan harus terukur dan tercermin dari sisi output maupun impact.  Badan Pangan Nasional berwenang dalam pengawasan keamanan pangan segar, sehingga perlu kita bicarakan bersama kesepakatan indikator yang membangun Indeks Keamanan Pangan Nasional ini." ujar Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan NFA Andriko Noto Susanto dalam FGD Perumusan Indikator Keamanan Pangan pada Kamis (18/7/2024) di Bogor. 

Menurutnya, FGD tersebut menjadi langkah awal bersama untuk mengidentifikasi dan menginventarisasi sumber data dari berbagai kementerian dan lembaga serta ketersediaan data baik pada level nasional, provinsi dan kabupaten/kota yang mencakup berbagai aspek antara lain regulasi dan kelembagaan, sistem keamanan pangan, kesehatan, perdagangan, dan kesadaran masyarakat. 

Untuk mendukung penilaian indikator dalam pengukuran indeks keamanan pangan, perlu dilakukan identifikasi kebutuhan data dukung dengan memperhatikan data-data terkait keamanan pangan yang tersedia di masing-masing kementerian/lembaga.

"Usulan indikator dan subindikator merupakan hal yang memperkaya seluruh aspek yang akan dilihat dalam indeks ini. Tentunya yang juga penting adalah peran para pakar di bidang pangan untuk memvalidasi berbagai aspek tersebut. Intinya kita melibatkan stakeholder terkait untuk sama-sama membangun keamanan pangan yang kuat, " ujar Andriko. 

Pelibatan para stakeholder pangan menjadi penekanan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi. Dalam peringatan Hari Keamanan Pangan Dunia yang digelar pada Jumat (21/6/2024) di Surabaya, Arief mengatakan, kolaborasi antarberbagai pihak sangat penting dalam mewujudkan pangan yang aman bagi masyarakat. 

“Saya ingin mengingatkan bahwa keamanan pangan adalah share responsibility, sehingga saya mengajak seluruh stakeholders bidang pangan yakni Academics, Business, Government, Community, dan Media untuk mengambil peran dalam mewujudkan keamanan pangan yang lebih baik lagi.” ujarnya.

—————————————————

*Siaran Pers*

*Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA)*

143/R-NFA/VII/2024

18 Juli 2024

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

komunikasi@badanpangan.go.id

Telp : 087783220455

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.