BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Jajaki Teknologi Penyimpanan Pangan Berbasis AI

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terima kunjungan audiensi Almin Enterprise Co. Ltd (Alimnco), Artford International Group Limited, dan PT Raja Sulaiman Rezeki Lestari di kantor NFA, Jakarta (9/11/2023).


Direktur Ketersediaan Pangan NFA Budi Waryanto dalam audiensi ini mengatakan, inovasi dan kolaborasi merupakan salah satu kunci sukses pembangunan ketahanan pangan nasional. Untuk itu NFA sangat terbuka menerima berbagai saran dan masukan dari akademisi, pelaku usaha, hingga masyarakat. 


"Kami sangat terbuka terhadap berbagai inovasi dan kolaborasi yang dapat mendukung upaya penguatan ketahanan pangan nasional, termasuk dalam hal teknologi penyimpanan pangan berbasis AI," ujar Budi. 


Hal ini selaras dengan arahan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi untuk terus mengkaji berbagai saran dan masukan serta kolaborasi dengan berbagai pihak guna mendorong peningkatan ketersediaan pangan. Upaya ini mencakup peningkatan produksi, perpanjangan masa simpan, maupun pemerataan akses pangan. 


Climate smart automatic rice silo and mill yang dipresentasikan menggunakan teknologi berbasis artificial intelligence yang dapat menyimpan gabah sampai dengan tiga tahun dengan kualitas kesegaran (fresh rate) mencapai 99%. Melalui pemanfaatan climate smart automatic rice silo and mill, diklaim potensi post harvest loss dapat dikurangi hingga mencapai 15-29%.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.