BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Jalin Sinergi, Optimalkan Peran Pasar Induk sebagai Stabilisator Pangan

Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi menerima dan berdiskusi dengan Direktur Utama Pasar Komoditas Nasional (Paskomnas) Hartono Wigjopranoto di Kantor NFA Jumat, (16/6/2023). 


Dalam kesempatan tersebut, Hartono menyampaikan posisi strategis pasar induk Sidotopo Surabaya dalam  menjaga kestabilan pasokan pangan. 

 

Mulai beroperasi pada bulan November tahun 2022, dan diresmikan pada tanggal 15 Februari 2023, Pasar induk  Sidotopo ini berada di lokasi yang sangat strategis, di tengah kota Surabaya. Pasar Induk keempat ini memasok kebutuhan pangan di wilayah Surabaya dan Jawa Timur.  


Pasar Induk merupakan salah satu instrumen penting dalam upaya Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), NFA bersama seluruh stakeholder pangan nasional, akan mempersiapkan dan membangun ekosistem pangan nasional yang lebih kuat untuk mulai pendistribusian secepatnya ke Pasar Induk Sidotopo Surabaya, sehingga ketersedian pasokan dapat terpenuhi.


“Kita akan pantau dan mendukung  pemenuhan pasokan yang lancar dan stabil di pasar Induk ini. Dengan sinergi bersama BUMN, BUMD dan pelaku usaha kita dorong untuk kelancaran pasokan komoditas pangan khususnya yang gula, beras SPHP, bawang putih, daging ayam, dan telur.” ungkap Arief. 



Direktur Utama Pasar Komoditas Nasional (Paskomnas) Hartono Wigjopranoto mengungkapkan agar dapat melakukan oprasi pasar di Pasar Induk Sidotopo Surabaya dan berharap Presiden Joko Widodo dapat berkunjung melihat kondisi pasar Induk.



“Saya berharap melalui peran Badan Pangan Nasional, bersama sama untuk dapat memantau perkembangan komoditas dan melakukan intervensi yang dibutuhkan.” terangnya.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.