BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Laksanakan Supervisi Pasar Pangan Segar Aman (PAS AMAN) di Pasar Nambangan Surabaya

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) melalui Direktorat Pengawasan Penerapan Standar Keamanan dan Mutu Pangan selaku Otoritas Kompeten Keamanan Pangan (OKKP) Pusat melaksanakan supervisi kegiatan Pasar Pangan Segar Aman (PAS AMAN) di Pasar Nambangan, Kota Surabaya, Jawa Timur.


Kegiatan supervisi dan pengawasan keamanan pangan tersebut dilaksanakan bersama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya selaku OKKP Daerah propinsi dan kabupaten/kota.


Kegiatan PAS AMAN diinisasi di 48 lokasi, salah satunya di Pasar Nambangan, Kota Surabaya melalui fasilitasi pos pantau keamanan pangan, pembentukan Internal Control System (ICS), dan bimtek pada petugas pasar dan pedagang mengenai pentingnya sanitasi higiene.


Kegiatan tersebut dilakukan sebagai langkah agar pengawasan di pasar rakyat dapat dilaksanakan secara mandiri dan terus menerus oleh pengelola pasar rakyat, dengan harapan memberi jaminan kepastian keamanan pangan bagi produk segar curah yang diedarkan kepada masyarakat. 


Direktur Pengawasan Penerapan Standar Keamanan dan Mutu Pangan Badan Pangan Nasional Sri Nuryanti dalam aksi pengawasan tersebut menyampaikan keamanan pangan merupakan tanggung jawab bersama yang artinya setiap orang yang terlibat dalam rantai pangan wajib mengendalikan resiko bahaya keamanan pangan.


"Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan upaya pengawasan keamanan pangan pasar rakyat yang dilakukan secara mandiri dan terus menerus oleh pengelola pasar rakyat, dengan harapan memberikan jaminan kepastian keamanan pangan bagi produk segar curah yang diedarkan kepada masyarakat," Ungkap Sri Nuryanti.


"Pasar Nambangan sudah menerapkan sanitasi higiene, terlihat pada aspek pengelolaan air bersih, pengelolaan sampah, kebersihan area kios dan penyimpanan produk, dan kebersihan area pasar." Imbuhnya.


Sejalan dengan arahan Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, yang mengatakan bahwa kegiatan supervisi dan pengawasan keamanan pangan di pasar rakyat merupakan upaya untuk memastikan keamanan pangan segar yang dikonsumsi masyarakat.


"Kami akan terus berkomitmen untuk meningkatkan keamanan pangan di Indonesia, termasuk di pasar rakyat. Dengan adanya PAS AMAN, diharapkan masyarakat dapat memperoleh pangan segar yang aman dan berkualitas," ujar Arief

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.