BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Lakukan Upaya Pertahankan Status Ketahanan Pangan Daerah

Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Nyoto Suwignyo menegaskan bahwa Badan Pangan Nasional telah berupaya keras untuk menurunkan tingkat kerentanan rawan pangan tahun 2023, hal tersebut ditandai dengan adanya perubahan positif tingkat kerentanan rawan pangan, dari semula 14 persen di 2022 terdepresiasi menjadi 13 persen di 2023.


Hal tersebut diungkapkannya saat melakukan rapat koordinasi dengan Pj. Bupati Kotawaringin Barat, Budi Santosa di di Kantor Bupati Kab. Kotawaringin Barat, Selasa (16/1/2024)


“Penurunan tingkat kerentanan rawan pangan tahun 2023 merupakan buah kerja keras semua stakeholder pangan selama setahun ke belakang untuk secara konsisten mendukung Aksi Kesiapsiagaan Krisis Pangan yang telah dilakukan NFA melalui program-program yang secara langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat” tutur Nyoto.


Dalam upaya menurunkan tingkat kerentawanan pangan berbagai upaya telah dilakukan oleh Badan Pangan Nasional. “Diantaranya bantuan pangan dalam rangka intervensi pengendalian kerawanan pangan yang menyasar ke 22 kabupaten/kota berbasis FSVA dan Prevalence of Undernourishment (PoU), penyaluran bantuan pangan beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sesuai arahan Kepala NFA, dan mengikuti amanat Bapak Presiden Joko Widodo yang akan terus dilanjutkan sampai tahun depan. Lalu kita laksanakan juga bantuan penanganan stunting berupa telur dan daging ayam untuk Keluarga Risiko Stunting (KRS),” sambung Nyoto.


Pada kesempatan tersebut Nyoto juga mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Kotawaringin Barat dalam menangani inflasi, dimana angka nya lebih rendah dari Provinsi Kalimantan Tengah dan Nasional.


Dalam kunjungan kerja tersebut, Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi NFA berkesempatan melihat Gudang Bulog Kancab. Kotawaringin Barat didampingi oleh Pj. Bupati Kota Waringin Barat beserta jajaran.


Pj. Bupati Kotawaringin Barat, Budi Santosa menyampaikan bahwa Stok CPPD Kab Kotawaringin Barat saat ini sebanyak 11,496 ton dimana angka ini sudah mencukupi perhitungan CPPD menurut Perda No. 11 Tahun 2019 sebanyak 9,6 ton.



Pada kesempatan tersebut Kepala Kancab Bulog turut menyampaikan bahwa penyaluran CPP untuk bantuan pangan Tahap I bulan Januari 2024 ini sudah siap dilaksanakan. Bulog Kancab Kotawaringin Barat melayani 3 Kabupaten yaitu Kotawaringin Barat, Lamandau, dan Sukamara dengan total CBP yang akan disalurkan pada bulan Januari sebanyak 127 ton untuk 12.700 KPM.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.