BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Luncurkan Mobil Laboratorium Keliling Pengawasan Keamanan Pangan Segar

BOGOR - Untuk memperkuat pengawasan keamanan pangan segar di peredaran, Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA) menyediakan 10 unit mobil laboratorium keliling pengawasan keamanan pangan yang dilengkapi peralatan pengujian serta promosi keamanan dan mutu pangan segar. Sarana ini digunakan untuk mendukung operasional kegiatan Otoritas Kompeten Keamanan Pangan di tingkat pusat/ OKKP-P dan OKKP di tingkat daerah/ OKKP-D dalam melaksanakan pengawasan keamanan pangan segar di post market.


Kepala NFA Arief Prasetyo Adi sesaat setelah me-launching mobil laboratorium keliling tersebut di Bogor (20/11/2023) mengungkapkan bahwa keberadaan laboratorium keliling ini diharapkan dapat menunjang dan meningkatkan pengawasan post market dengan jumlah sampel yang lebih banyak dan cakupan lebih luas. 


“Dukungan sarana ini sangat dibutuhkan di seluruh daerah sehingga diharapkan operasional pengawasan keamanan pangan segar di lapangan semakin lancar, cepat dan juga memberikan kemudahan bagi pelaku usaha,” tegasnya. 


Lebih lanjut Arief mengatakan jika laboratorium keliling tersebut dapat meningkatkan frekuensi sampling pangan segar di peredaran serta meningkatkan respon cepat pengawasan dan tindak lanjutnya. 


“Ini merupakan bentuk kehadiran pemerintah dalam memastikan jaminan keamanan pangan segar di peredaran, salah satunya dengan melakukan pengujian cepat secara langsung di lokasi dengan rapid test untuk mengetahui ambang batas aman kandungan residu pestisida dan uji formalin pada produk pangan segar,” jelasnya. 


Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Andriko Noto Susanto mengatakan bahwa untuk saat ini, pemanfaatan mobil laboratorium keliling akan difokuskan untuk menunjang  pengawasan post market di pusat selaku OKKP-P serta di 8 Provinsi selaku OKKP-D yaitu di Provinsi Banten, Jawa Timur, Jawa Barat, DIY, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, dan Lampung. 

“Sesuai dengan roadmap pengawasan keamanan pangan tahun 2022 – 2024, jumlah sampel ditargetkan sebanyak 2240 (jumlah ini lebih sedikit dari tahun 2021) sampel pada tahun 2022 dan menjadi sebanyak 10000 sampel pada tahun 2024,” tegasnya. 


Mengingat tingginya mobilitas kegiatan pengawasan keamanan pangan segar di masa mendatang sesuai roadmap, yang didukung dengan semakin banyaknya tenaga pengawas keamanan pangan yang kompeten dan menguatnya dukungan regulasi pengawasan, Andriko menilai jika perangkat operasional pengawasan seperti mobil laboratorium keliling yang dilengkapi dengan sarana prasarana pengawasan sangat dibutuhkan. 


“Badan Pangan Nasional selaku Otoritas Kompeten Keamanan Pangan diharapkan dapat memiliki dukungan operasional pengawasan keamanan pangan segar di lapangan, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap keamanan pangan segar yang beredar,” ungkapnya.


Turut hadir dalam kesempatan tersebut, anggota Komisi IV DPR RI Endang S Thohari, Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, pejabat eselon 1 dan 2 NFA, serta dinas pangan provinsi se-Indonesia. 


----------

*Siaran Pers*

*Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA)*

274/R-NFA/XI/2023


20 November 2023

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi: 

komunikasi@badanpangan.go.id


Telp: 087783220455

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.