BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Optimalkan Peran CPP untuk SPHP Beras

Dalam rangka meredam gejolak pasokan dan harga pangan, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terus bersinergi dan berkolaborasi dengan kementerian/lembaga, asosiasi pelaku usaha, hingga masyarakat jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadan dan Idul Fitri 2024.


Pasalnya saat ini menanti masa panen raya gabah/beras, harga rerata nasional beberapa komoditas pangan terpantau tinggi. Salah satunya Gabah Kering Panen (GKP) Rp 7.070,-/kg, Gabah Kering Giling (GKG) Rp 8.110,-/kg, dan beras medium di tingkat konsumen Rp 14.065,-/kg. 


Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan NFA I Gusti Ketut Astawa dalam Rakor Pengendalian Inflasi Daerah di kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta, Senin (19/2/2024) memaparkan upaya strategis NFA dalam menjaga stabilitas antara lain melalui kegiatan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Beras yang telah mencapai 264.808 ton dari target 1,2 juta ton. 


Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Komersial kepada para pelaku usaha penggilingan padi/gabah dengan target mencapai 250.000 ton. Hal ini juga termasuk dengan penggelontoran pasokan beras ke Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) Jakarta hingga mencapai 50.000 ton.


Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan ritel modern, NFA bersama Perum Bulog telah bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) untuk memasok Beras SPHP dan Komersial dengan pembatasan pembelian maksimal dua kemasan per hari untuk menghindari resiko penyalahgunaan. 


"Pembelian Beras SPHP memang sengaja kami batasi karena ini diambil dari CBP yang mana kami juga telah menghitung konsumsi rumah tangga tidak akan melebihi dari 10 kilogram per bulan," ujarnya.


Adapun Gerakan Pangan Murah (GPM) yang dilaksanakan di berbagai daerah untuk memberikan akses pangan dengan harga wajar bagi masyarakat telah mencapai 720 kali pada periode Januari hingga 10 Februari 2024. Kedepan, juga telah disiapkan anggaran dana dekonsentrasi kepada Dinas Pangan Daerah untuk penyelenggaraan dua kali GPM jelang HBKN Ramadan dan Idul Fitri di seluruh daerah. 


Selanjutnya upaya pemantauan dan monitoring akan terus dilakukan juga terus dilakukan dengan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) melalui enumerator yang ada tersebar di berbagai pasar tradisional dan ritel modern tingkat kabupaten dan kota. 


Adapun kegiatan SPHP Jagung juga masih akan terus dilakukan untuk membantu para peternak mandiri untuk mendapatkan pakan ternak dengan harga yang wajar. Dari target 250 ribu ton Cadangan Jagung Pemerintah (CJP), telah disalurkan 153 ribu ton (45%) jagung pipilan kering kepada para peternak mandiri binaan Kementerian Pertanian dan berikutnya 500.000 ton untuk bantuan kepada Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT).


“Sesuai arahan Bapak Presiden melalui Rapim sehingga kami sudah tindaklanjuti dan sudah menugaskan Bulog untuk melakukan importasi yang 500 ribu lagi. Artinya kita sudah mengimpor satu juta. Jadi 250 sudah realisasi, kemudian 250 lagi untuk peternak mandiri, kemudian 500 ribu ton lagi untuk pelaku pakan,” ungkap Ketut.


Sementara itu dalam waktu dekat NFA akan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) HBKN bersama kementerian/lembaga terkait sebagai upaya pengendalian stabilitas pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi, yang akan dilanjutkan dengan Rakor bersama Dinas Pangan Daerah dari 38 Provinsi di Kota Bandung - Jawa Barat pada 22 Februari mendatang.


Di sisi lain, penyaluran bantuan pangan beras, daging ayam ras, dan telur ayam ras akan terus dilaksanakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan baik dalam rangka penghapusan kemiskinan ekstrem maupun pencegahan stunting. 



Hal ini sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk mengoptimalkan peran CBP sebagai instrumen pengendali stabilitas pasokan dan harga beras sambil menunggu masuknya musik panen raya gabah/beras petani yang diperkirakan akan mulai pada April - Mei mendatang.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.