BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Pantau Ketersediaan dan Harga Pangan Strategis

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) konsisten melakukan pemantauan perkembangan harga komoditas pangan strategis di daerah, terutama menjelang Bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445 H. Adanya fluktuasi harga di pasar lazim terjadi dikarenakan permintaan masyarakat yang meningkat. 


Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi Bidang Kerawananan Pangan dan Gizi NFA Nyoto Suwignyo yang mendampingi Kunjungan Kerja Spesifik Komisi 4 DPR RI di di Pasar Modern BSD City Tanggerang, Kamis (7/3/2024)


“Hari ini kami bersama Komisi 4 DPR RI melakukan pemantauan harga bahan pangan sekaligus memastikan ketersediaannya agar masyarakat tenang, apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan puasa” jelas Nyoto.


Deputi Bidang Kerawanan Pangan tersebut juga menegaskan bahwa Badan Pangan Nasional terus memasifkan pelaksanakaan Gerakan Pangan Murah (GPM) diseluruh daerah. “GPM juga terus kita genjot bersama pemerintah daerah agar semakin maksimal. Per 6 Maret, total telah mencapai 189 GPM, 2 dilaksanakan oleh pemerintah pusat serta lainnya tersebar di 31 provinsi  (34 kali) dan 147 kabupaten/kota (153 kali)” ungkap Nyoto menambahkan.


Hal tersebut sesuai dengan arahan Kepala NFA, Arief Prasetyo Adi yang meminta semua pemerintah daerah intensifkan operasi pasar murah melalui Gerakan Pangan Murah (GPM) dan melakukan pemantauan rutin ke semua jenis pasar. Sehingga saat Lebaran nanti, harganya sangat baik.


Sementara itu Wakil Ketua Komisi 4 DPR RI Anggia Erma Rini meminta pemerintah untuk mencukupi ketersediaan bahan pangan terutama beras. “”Saya minta untuk dipastikan ketersediaan tercukupi hinggal lebaran nanti, karena pasti kebutuhan akan meningkat” ucap Anggia.


“Kunjungan ke pasar ini untuk melihat ketersediaan bahan pangan terutama menjelang Ramadan, jelang Ramadan kan biasanya harga naik kemudian pasokan juga tidak lancar. Kita lihat tadi memang ada kenaikan harga, yang menjadi catatan adalah keluhan pedagang ayam bahwa komoditas ayam itu pasokannya sangat kurang” tambah Anggia menjelaskan kondisi di pasar tadi.


Berdasarkan hasil kunjungan kerja di Pasar Modern BSD City terpantau sejumlah bahan pangan mengalami penurunan seperti cabai merah rawit dan cabai merah kriting dari Rp. 120.000/kg menjadi Rp. 100.000/kg. Untuk harga komoditas lainnya yaitu bawang merah Rp. 43.000-45.000/kg, bawang putih Rp. 45.000/kg, telur ayam Rp. 31.000-32.000/kg, daging ayam Rp. 38.000-45.000/kg dan daging sapi Rp. 150.000-170.000/kg. Sedangkan harga beras SPHP Rp. 54.500/kg.



Turut hadir pada Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI tersebut Direktur Pengawasan Kerawanan Pangan NFA Sri Nuryanti, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suwandi Direktur Supply Chain Perum BULOG Mokhamad Suyamto, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten Aan Muawanah, Sekretaris Daerah Kota Tangsel Bambang Noertjahyo serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perternakan (DKP3) Kota Tanggerang Selatan Yepi Suherman.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.