BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Paparkan Strategi Pengendalian Pangan Inflasi Daerah 2024

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) sampaikan apresiasi kepada Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian atas dukungannya selama ini terhadap upaya pengendalian inflasi daerah, sehingga pada Desember 2023 inflasi berhasil ditekan di angka 2,61% (yoy).


Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto mengatakan upaya sinergi dan kolaborasi yang dilaksanakan bersama Pemerintah Daerah (Pemda) akan terus dilanjutkan sepanjang tahun 2024 antara lain yaitu Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Beras dan Jagung, Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP), Gerakan Pangan Murah (GPM), penyaluran bantuan pangan beras, daging ayam ras, dan telur ayam ras, serta penguatan data dan informasi.


"Badan Pangan Nasional mengapresiasi peran aktif Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholders terkait dalam pelaksanaan GPM yang dilaksanakan pada tahun 2023, dan akan dilanjutkan kembali pada tahun 2024 di 374 titik di seluruh wilayah Indonesia," ujar Andriko dalam Rakor Pengendalian Inflasi Pangan Daerah di Jakarta, Senin (29/1/2024).


Andriko juga mendorong pelaksanaan dana dekonsentrasi secara lebih berkualitas (spending better), di samping realisasi pelaksanaannya secara kuantitatif guna mendorong akselerasi transformasi ekonomi indonesia yang inklusif dan berkelanjutan. "Mohon Pemerintah Daerah dapat segera melaksanakan langkah-langkah dana dekonsentrasi karena akan ada blokir AA (automatic adjustment)," tambahnya.



Sementara itu sebagai upaya untuk memastikan program bantalan sosial terlaksana tepat sasaran, hari ini Presiden Joko Widodo bersama Kepala NFA Arief Prasetyo Adi dijadwalkan memantau penyaluran bantuan pangan beras di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Bantuan pangan bagi 22 juta KPM diharapkan dapat mendorong stabilitas harga pangan sampai memasuki masa panen raya gabah/beras pada April mendatang.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.