BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Perkuat Cadangan Pangan Pemerintah Jaga Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) beberkan strategi penguatan ketahanan pangan tahun 2024 dalam wawancara live streaming bersama IDX Channel pada Rabu (6/12/2023). 


Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan NFA Rachmi Widiriani mengatakan salah satu upaya tersebut dilakukan melalui penguatan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dimana Perum Bulog dan ID FOOD selaku operator telah ditugaskan untuk mengelola mengelola 11 komoditas pangan. Ditegaskan oleh Rachmi, dalam rangka pemenuhan CPP tersebut, NFA telah berkoordinasi secara intens dengan kementerian/lembaga terkait serta mengutamakan hasil produksi dalam negeri. 


"Pengadaan diutamakan dari produksi dalam negeri. Khusus untuk komoditas tertentu harus direncanakan pengadaannya," ujar Rachmi.


Untuk itu NFA juga telah menempatkan sarana dan prasarana penyimpanan rantai dingin (cold chain) berupa cold storage, reefer container, heat pump dryer, maupun air blast freezer di wilayah konsumen dan produsen untuk memperpanjang masa simpan produk pangan. Di sisi lain upaya Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP) dan Gerakan Pangan Murah (GPM) terus dilaksanakan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan. 



Melalui upaya ini Kepala NFA Arief Prasetyo Adi berharap penguatan CPP dapat menunjang pemerataan sebaran pangan dan memperkecil disparitas harga pangan di seluruh wilayah Indonesia sepanjang waktu.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.