BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Perkuat CPP Bawang Putih untuk Jaga Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan

Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional/National Food Afency (NFA) I Gusti Ketut Astawa hadir sebagai narasumber dalam program Profit dengan tema “Harga Bawang Putih Terbang Lampaui Rekor 2022” yang tayang secara langsung dalam CNBC Indonesia, Rabu (31/05/2023).


Ketut mengatakan tingginya harga saat ini lebih dikarenakan mahalnya harga bawang putih internasional yang secara umum dipengaruhi oleh harga pupuk dan kondisi perubahan iklim. Situasi tersebut cukup berimbas pada harga jual bawang putih di dalam negeri hingga mencapai Rp 37.060/kg, melebihi harga di tahun 2022 sebesar Rp 30.670/kg.


Sementara itu perihal ketersediaan stok, Ketut mengaku pasokan yang ada saat ini masih cukup. Lebih lanjut ia mengatakan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi terus berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan guna memantau ketersediaan pasokan dan stok bawang putih di masyarakat.


“Saat ini harga bawang putih internasional memang masih tinggi, kami terus berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan untuk memastikan pasokannya tersedia,” ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut Pembina Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ngadiran mengatakan saat ini para pedagang terpaksa harus menambah besaran omzet guna memenuhi kebutuhan modal usaha. Ngadiran menyebut penambahan omzet tersebut tidak secara otomatis menambah keuntungan pedagang mengingat harga belinya yang sudah cukup tinggi.


“Saat ini para pedagang terpaksa harus menambah modal usaha, namun keuntungan tetap sama tidak bertambah, sekitar 3.000 rupiah per kilo,” ungkapnya.


Sebagaimana diketahui perkiraan produksi bawang putih domestik sebesar 18.641 ton belum mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri 651.895 ton per tahun, sehingga masih dibutuhkan pengadaan dari luar negeri sekitar 489.633 ton atau sekitar 95 persen. Untuk itu pemerintah terus mendorong produksi bawang putih dalam negeri melalui kebijakan wajib tanam bagi para importir. 



Di lain sisi, NFA akan membangun Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Bawang Putih melalui Perum Bulog dan Holding BUMN Pangan ID FOOD. Melalui upaya tersebut, diharapkan kegiatan pengadaan, distribusi, hingga perdagangan bawang putih nasional bisa lebih terjaga sepanjang waktu.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.