BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Perkuat Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan melalui Sarpras Rantai Dingin

Dalam rangka penguatan ketersediaan dan stabilisasi pangan wilayah. Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menempatkan beberapa sarana dan prasarana rantai dingin berupa cold storage, reefer container, air blast freezer, dan heat pump dryer di 8 provinsi wilayah sentra produsen pada tahun 2022.


Di tahun 2023 sarpras akan ditempatkan juga di wilayah-wilayah konsumen untuk menjadi Hub Distribution sekaligus menjaga ketersediaan dan stabilisasi pangan di wilayah tersebut.


Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan NFA Rachmi Widiriani dalam kunjungannya di Samarinda pada Senin (24/07/2023) menyampaikan, beberapa provinsi telah mengusulkan BUMD sebagai calon pengelolaan sarpras dimaksud. 


"Kepala Dinas Urusan Pangan di beberapa provinsi telah mengusulkan ke Badan Pangan Nasional nama-nama Perusda atau BUMD Pangan mereka sebagai calon pengelola. Untuk itu hari ini kami turunkan tim untuk verifikasi langsung sebelum ditetapkan sebagai penerima, salah satunya di Provinsi Kalimantan Timur dimana merupakan daerah Ibu Kota Negara," ujar Rachmi.


Kalimantan Timur mengusulkan BUMD Varian Nagia sebagai salah satu calon pengelola sarpras cold storage komoditas unggas. Nantinya diharapkan Kaltim dapat menjadi Hub Distribution khusus wilayah Kaltim serta dapat mensuport kebutuhan pangan untuk IKN.


Hal ini sejalan dengan arahan Kepala NFA yang selalu menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan pangan. “Kolaborasi pemanfaatan teknologi dan fasilitas ruang penyimpanan dingin atau cold storage untuk menjaga stabilitas stok dan harga pangan,” ujar Arief. 


Untuk itu, pihaknya mengapresiasi langkah BUMD Varian Niaga dan Dinas provinsi Kaltim dan Kota Samarinda atas inisiasi usulan pemanfaatan cold storage ini. Hal ini merupakan satu langkah strategis dalam memastikan ketersediaan pangan di Kalimantan Timur dan sekitarnya.



#badanpangannasional #nfa #bapanas #nationalfoodagency #pangankuatindonesiaberdaulat #ketahananpangan#sinergipangan#HutNFA2#DirektoratDistribusidanCadanganPanganNFA #CadanganPanganPemerintah

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.