BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Perkuat Koordinasi Ketahanan Pangan Daerah Penyangga IKN

Badan Pangan Nasional melalui Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi melakukan kunjungan kerja ke Kota Balikpapan dan Kab. Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada tanggal 24-25 November 2023.


Nyoto Suwignyo, Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi menekankan bahwa wilayah penyangga IKN harus tercukupi ketersediaan pangannya, termasuk kecukupan cadangan pangannya.


Pangan merupakan kebutuhan paling mendasar bagi manusia sehingga pemerintah dab oemerintah daerah memiliki kewajiban memenuhi pangan untuk mewujudkan ketahanan pangan, ujar Nyoto.


"Dalam rangka pemantapan ketersediaan pangan strategis, pemerintah daerah dapat melakukan kerja sama dengan Perum BULOG" tambah Nyoto pada saat lakukan kunjungan ke kantor Bupati Kab. Penajam Paser Utara.


Pada kunjungannya ke Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan kota Balikpapan, Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi juga menekankan kampanye Stop Boros Pangan untuk menghindari makanan terbuang.  



Berdasarkan peta FSVA dan SKPG, di Provinsi Kalimantan Timur masih terdapat beberapa daerah yang rentan rawan pangan. Untuk itu, dalam penyusunan alokasi anggaran APBD dapat didasarkan pada peta FSVA dan SKPG sebagai dasar lokus bersama untuk pengentasan daerah rentan rawan pangan dan gizi.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.