BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Perkuat Metodologi Penyusunan FSVA dan SKPG di daerah

Direktur Pengendalian Kerawanan Pangan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA), Rachmad Firdaus menyampaikan informasi terkait kerangka kebijakan kewaspadaan pangan dan gizi, proses bisnis Sistem Peringatan Dini Kerawanan Pangan dan Gizi (SKPG), serta metodologi penyusunan SKPG di Bandung, Rabu (25/5/2023).


Hal tersebut disampaikan saat menjadi narasumber koordinasi Penyusunan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (FSVA) dan Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG) Kabupaten/Kota Se Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.


Pada kesempatan tersebut Rachmad sekaligus melakukan sosialisasi Perbadan 10/2022 tentang tata cara penyusunan FSVA, metodologi serta timeline penyusunan FSVA kepada peserta yang berasal dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. 


Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat M. Arifin Soedjayana menyampaikan bahwa hasil evaluasi dalam pelaksanaan penyusunan FSVA dan SKPG ini  dari tahun ketahun mengalami peningkatan dan perbaikan analisis da capaian, namun demikian masih perlu upaya peningkatan pelaksanaan intervensi daerah rentan pangan di seluruh kabupaten kota yang didasarkan hasil analisis.



Pada pertemuan tersebut juga diperoleh beberapa masukan dari daerah, seperti perlunya bimbingan teknis penyusunan FSVA dan SKPG bagi aparat provinsi dan kabupaten/kota secara berkala dan dukungan beberapa data indikator yang tidak/belum tersedia di Provinsi dan Kabupaten/kota.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.