BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Sampaikan 4 Prinsip Ketahanan Pangan di Forum APEC Public Partnership for Food Security (PPFS)

Tantangan ketahanan pangan ke depan akan semakin kompleks seiring dengan peningkatan jumlah populasi dan terbatasnya basis sumber daya pangan global, serta ancaman dampak perubahan iklim yang semakin jelas terjadi saat ini. Kondisi tersebut mendorong diperlukannya tindakan cepat untuk membangun tata kelola ketahanan pangan yang lebih berkelanjutan dan tangguh.


Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Pengendalian Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA), Rachmad Firdaus yang hadir pada pertemuan Forum APEC Public Partnership for Food Security (PPFS) pada Kamis-Sabtu (1-3/8/2023) di Seattle, Amerika Serikat.


“Terdapat potensi dan peluang yang menjanjikan dalam memperkuat kerjasama regional maupun global untuk meningkatkan ketahanan pangan. Beberapa bidang yang dapat menjadi fokus kolaborasi adalah digitalisasi sektor pangan, pengamanan pasokan pangan, proaktif mengatasi potensi krisis pangan dunia, serta pengembangan program Food Loss and Waste yang berkelanjutan. 4 prinsip ketahanan pangan tersebut telah disepakati dalam penetapan Achieving Food Security Through Sustainable Agri-food Systems in the APEC Region.” jelas Rachmad yang hadir bersama Kepala Biro Perencanaan, Kerjasama dan Humas NFA Risfaheri. 


Menurut Rachmad, ekonomi APEC akan memperkuat kerjasama teknis dan pembangunan kapasitas guna memperluas akses ke pasar pangan pertanian global. Kolaborasi ini melibatkan upaya bersama yang terimplementasi pada Food Security Roadmap Towards 2030 di dalam kerangka APEC.


“Melalui upaya sinergi yang berlandaskan dialog terbuka ini akan membantu menciptakan lingkungan yang kondusif di antara negara-negara APEC untuk memperkuat kapasitas kita dalam mengatasi masalah ketahanan pangan global secara efektif serta efisien terutama dalam lingkup ekonomi” imbuhnya.

Dorongan untuk membangun sinergi dan kolaborasi multipihak juga telah ditegaskan  Kepala NFA Arief Prasetyo Adi dalam sesi United Nations Food Systems Summit (UNFSS) +2 Stocktaking Moment pada 26 Juli 2023 di Roma, Italia. Ia mengatakan, melalui better collaboration, NFA mendorong agar berbagai upaya kolaborasi harus dilipatgandakan, baik di tingkat internasional, nasional, hingga daerah. 


Adapun PPFS merupakan forum di bawah APEC yang berfokus untuk mendukung kerja sama ketahanan pangan di kawasan Asia Pasifik. Dalam kesempatan tersebut, Rachmad Firdaus bersama Risfaheri juga berkesempatan melakukan courtesy meeting dengan Menteri Pertanian Amerika Serikat Thomas Vilsack, Wakil Menteri Pertanian Jepang, Fujiki Shinya dan Menteri Pertanian & Keterjaminan Makanan Malaysia Dato Sri Haji Mohammad bin Sabu.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.