BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Serahkan Health Certificate kepada Pelaku Usaha yang Memenuhi Standar Keamanan Pangan

Dalam rangkaian Peringatan Hari Keamanan Pangan Dunia Tahun 2023, Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi menyerahkan Health Certificate (HC) terkait penerapan standar keamanan pangan kepada pelaku usaha yaitu PT Gunung Intan Permata, PT Darin Indo Utama, PT Natural Java Spice, PT True Spices Indonesia, dan PT East Indian Agency Products. 


Upaya penerapan standar keamanan pangan bagi produk yang belum beredar dilakukan melalui penerbitan izin dan sertifikat. Arief menyebutkan, selama kurun waktu 2018-2023 Otoritas Kompeten Keamanan Pangan (OKKP) Badan Pangan Nasional telah menerbitkan 19.746 izin edar dan sertifikasi yang diberikan kepada eksportir, importir pelaku usaha dalam negeri skala menengah, besar, dan UMKM. 


Pada tahun 2022, telah terbit 620 Sertifikat keamanan pangan atau Health Certificate (HC) untuk komoditas pala kopi, lada dan pinang yang secara akumulatif nilai ekspornya mencapai 65,67 Juta US Dollar. Selain itu, OKKP Badan Pangan Nasional juga meregistrasi rumah kemas manggis, salak, buah naga, nanas, dan porang yang diekspor ke Tiongkok dengan total nilai ekspor mencapai 50,98 Juta USD atau 41% dari total nilai ekspor buah Indonesia pada tahun 2022.


“Sertifikat keamanan pangan tersebut telah sesuai dengan standar internasional sehingga dapat meningkatkan daya saing produk pangan nasional di pasar global. Badan Pangan Nasional berkomitmen mendorong penerapan standar keamanan pangan untuk menjamin Kualitas produk pangan yang dikonsumsi sekaligus mendorong peningkatan ekspor produk pangan Indonesia ke seluruh manca negara,” ungkap Arief.


“Saya sangat mengapresiasi para pelaku usaha ekspor impor pangan segar yang telah meregistrasikan produknya sebagai bentuk kesadaran akan penjaminan keamanan pangan. Ke depannya diharapkan semakin banyak izin edar dan sertifikat keamanan pangan yang diterbitkan,” pungkasnya. 



#pangan #pangankuatindonesiaberdaulat #ketahananpangan #kemandirianpangan #kedaulatanpangan #keamananpangan #panganaman #okkp #ifitisnotsafeitisnotfood

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.