BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Siap Bangun Sistem Informasi Pangan dan Gizi

Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA) tengah menyiapkan regulasi terkait sistem informasi pangan dan gizi (SIPG). SIPG dibangun untuk memberikan data dan informasi pangan secara cepat dan mudah agar bisa diakses masyarakat. 


Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Data dan Informasi Pangan Kelik Budiana pada rapat penyusunan Rperbadan SIPG di Bekasi, Selasa (30/05/23).


"SIPG nantinya akan menjadi super app untuk menjembatani semua data terkait pangan sehingga dapat menjadi sumber rujukan atas semua kebijakan yang berkaitan dengan pangan" ungkapnya


Dalam pembahasannya, beberapa hal yang juga menjadi perhatian adalah mengenai sistem integrasi data dari berbagai sumber  dan manfaat SIPG serta penerapan teknologi business inteligent agar tertuang dalam peraturan badan tersebut. 


Hal ini sejalan dengan rencana Pusat Data dan Informasi terkait pembangunan SIPG berbasis Artificial Intelegent untuk sistem prediksi sebagai sistem pendukung pengambilan keputusan tentang ketahanan pangan.



Rapat Pembahasan SIPG ini dihadiri oleh Kementerian Hukum dan HAM sebagai narasumber dan kementerian lain seperti BPS, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Informasi Geospatial dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.