BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Siapkan Kajian Residu Etilen Oksida pada Pangan

Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA) melakukan pertemuan untuk membahas persiapan kajian etilen oksida (EtO) sebagai residu/ cemaran yang pernah ditemukan pada beberapa produk pangan. Pertemuan dilaksanakan pada Rabu, 5 Juli 2023 dengan menggandeng pakar keamanan pangan dari IPB University Prof. Purwiyatno Hariyadi. 


Direktur Perumusan Standar Keamanan dan Mutu Pangan Yusra Egayanti menyampaikan bahwa etilen oksida digunakan di beberapa negara sebagai pestisida (fumigant) dan/atau sebagai bahan pensteril.  


“Sampai saat ini belum ada standar internasional yang menetapkan batas maksimal residu EtO sebagai residu/cemaran. Dan Indonesia menganggp penting isu tersebut terkait penolakan ekspor salah satu produk unggulan Indonesia di luar negeri,” ungkapnya. 


Menurutnya kajian yang akan dilakukan tersebut merupakan salah satu tindak lanjut hasil Sidang Codex Committee on Pesticide Residue (CCPR) ke-54 di Beijing beberapa waktu lalu.


Dalam pertemuan tersebut, Prof. Purwiyatno menyampaikan mengenai pentingnya melakukan sampling yang tepat terhadap produk-produk pangan. Salah satunya adalah dengan menyampling produk pangan yang berpotensi terpapar/tercemar EtO. 


“Sampling juga dilakukan bagi produk baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Beberapa produk yang perlu dijadikan sampling diantaranya rempah-rempah, kacang-kacangan, cabai, dan pangan segar lainnya,” ungkapnya. 


Ia mengakui jika EtO yang ditemukan pada pangan terbilang sedikit, bahkan notifikasi di Eropa tidak pernah menyebutkan EtO dan jumlah kandungan residunya. Secara toksikologi antara EtO dan 2-chloroethanol (2-CE) merupaka jenis residu yang berbeda. 



“2-CE merupakan metabolit dari EtO. Namun di Eropa kedua senyawa ini dianggap sama. Jadi sangat perlu melakukan pengujian terhadap EtO dan 2-CE untuk menentukan batas maksimum residu,” terangnya.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.