BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Siapkan Regulasi SPBE Melalui Rancangan Perbadan Kebijakan Internal SPBE di Lingkungan Badan Pangan Nasional

Dalam rangka penguatan pelaksanaan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) tengah menyiapkan regulasi guna mengatur lebih dalam mengenai pelaksanaan tata kelola, manajemen, audit, penyelenggaraan, pemantauan dan evaluasi SPBE di lingkup NFA. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Pangan NFA Kelik Budiana dalam rapat penyusunan Perbadan Kebijakan Internal SPBE di Lingkungan Badan Pangan Nasional pada Senin (10/06/2024) di Jakarta.

“Badan Pangan Nasional sebagai sebagai lembaga pemerintahan yang baru telah melaksanakan penilaian indeks SPBE yang pertama dan berhasil mendapatkan nilai sebesar 2,77, hal ini cukup menjadi awal yang baik untuk peningkatan layanan selanjutnya,” tegasnya. 

Salah satu evaluasi kegiatan SPBE tahun lalu menurutnya adalah upaya menaikkan level kebijakan internal SPBE, yang semula dalam bentuk Surat Keputusan menjadi Peraturan Badan yang sifatnya lebih kuat, dapat menjangkau koordinasi antar Kementerian/Lembaga

“Rancangan Peraturan Badan ini meliputi 5 (lima) hal utama yaitu Tata Kelola SPBE, Manajemen SPBE, Pelaksanaan Audit TIK, Penyelenggaraan, serta Pemantauan dan Evaluasi,” tegasnya. 

Dalam rakor ini telah didapatkan masukan dan saran dari perwakilan Kementerian/Lembaga terhadap rancangan Perbadan Kebijakan Internal SPBE di lingkungan NFA sehingga diharapkan akan selaras dengan tujuan pelaksanaan SPBE, ungkap Kelik. 

Rapat dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian PANRB, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Pertanian, BRIN dan BSSN, serta Unit kerja lingkup NFA.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.