BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Terus Gaungkan Gerakan Selamatkan Pangan Dorong Peran Pemangku Kepentingan Sebagai Langkah Strategis Cegah Food Waste

Gerakan Selamatkan Pangan yang diinisiasi oleh Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terus digaungkan untuk mendorong peran berbagai pemangku kepentingan sebagai langkah strategis untuk cegah food waste.


Kebijakan dan langkah aksi yang telah dilakukan oleh NFA melalui Gerakan Selamatkan Pangan (GSP) untuk Pencegahan Food Waste mencakup twin track approach dalam penyelamatan pangan, yaitu melalui upaya pencegahan pemborosan pangan dan penyaluran pangan berlebih. Hal ini disampaikan oleh Nita Yulianis, Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi pada kegiatan Multi-stakeholder Workshop on Food Loss and Waste yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Denmark di Jakarta, Senin (25/09/23).


“Langkah nyata NFA adalah melalui sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, serta penyaluran pangan berlebih untuk yang membutuhkan melalui kolaborasi dengan mitra yaitu 6 asosiasi di bidang ritel, restauran, katering, perhotelan, industri makanan dan pusat perbelanjaan dan 3 bank pangan/penggiat pangan untuk mencegah dan mendonasikan pangan berlebih” ujar Nita.


Selanjutnya Nita juga menyebutkan bahwa terdapat juga kolaborasi dengan mitra pentahelix lainnya (akademisi dan media), termasuk komunitas diantaranya TP PKK untuk pemberdayaan perempuan dalam cegah boros pangan.


Hal tersebut sejalan dengan arahan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi beberapa waktu lalu yang menegaskan bahwa NFA akan terus berupaya untuk menekan angka food waste. “Kami menyadari pentingnya sinergi dan kolaborasi dari hulu ke hilir yang meliputi sektor pentahelix ABCGM (Academics, Business, Community, Government, and Media), hal ini yang kemudian direalisasikan melalui “Gerakan Selamatkan Pangan (GSP)” kata Arief.



NFA menyambut baik workshop yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Denmark dan potensi kolaboratif kedepan dalam upaya penyelamatan pangan di Indonesia. Workshop ini dihadiri oleh perwakilan delegasi Kementerian Pangan, Pertanian dan Perikanan Denmark, serta berbagai unsur mencakup lintas K/L, para asosiasi, pelaku usaha, serta bank pangan di Indonesia.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.