BADAN PANGAN NASIONAL
NFA Tingkatkan Kapabilitas Pegawai Melalui Pelatihan Data Sains


Sebagai upaya untuk meningkatkan kapabilitas pegawai, Badan Pangan Nasional/NFA telah menyelenggarakan pelatihan Data Sains pada tanggal 29-30 Agustus 2023. 


Revolusi industri 4.0 berdampak besar pada bidang data dan teknologi. Penggunaan data dan Artificial Intelligence (AI) menjadi sangat krusial dalam proses pengambilan keputusan strategis. Berpatokan pada tren penggunaan dan peran data ini, jelas Kepala Pusat Data dan Informasi Pangan, Kelik Budiana.


Kegiatan Pelatihan ini merupakan lanjutan dari pelatihan data sains yang pernah dilakukan pada bulan Juli 2023 yang lalu.  


Selain itu kegiatan ini juga untuk meningkatkan pengelolaan data dan pengetahuan terhadap AI untuk mendukung Sistem Informasi Pangan dan Gizi (SIPG).


Dalam kegiatan pelatihan data ini, peserta kegiatan belajar mengenai langkah pemrosesan data mulai dari data cleaning hingga algoritma yang dapat dimanfaatkan dalam pemrosesan data. Bukan hanya itu, peserta yang berasal dari unit kerja masing-masing juga diberikan kesempatan untuk memproses data unit kerjanya masing-masing menggunakan Machine Learning.


SIPG sendiri merupakan proyek sistem informasi terkait data dan informasi mengenai pangan dan gizi yang saat sedang dikembangkan di NFA. Sistem yang meliputi kegiatan pengelolaan data dan prediksi ini diarahkan untuk pusat kegiatan penyebaran data dan informasi terkait pangan. Selain sebagai produk layanan penyebaran data, SIPG juga bertugas sebagai pusat rekomendasi pengambilan keputusan terkait pangan yang menjadi tugas dan fungsi utama NFA.



Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan masing-masing eselon dua lingkup badan pangan nasional dan bekerja sama dengan Goritma Tech.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.