BADAN PANGAN NASIONAL
Optimalisasi SKPG sebagai Tools Early Warning System

Direktur Pengendalian Kerawanan Pangan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Rachmad Firdaus memimpin Focus Group Discussion (FGD) Penentuan Kriteria dan Indikator Krisis Pangan di Bogor pada Kamis (11/5/2023).

FGD ini dilaksanakan sebagai pelaksanaan ketentuan Pasal 43 ayat (7) PP 17/2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi, selain itu isu tentang krisis pangan menjadi agenda penting pada pertemuan G20 dan ASEAN.

Pada pertemuan tersebut disepakati bahwa kriteria krisis pangan didasarkan pada beberapa hal seperti penurunan ketersediaan pangan pokok bagi sebagian besar masyarakat dalam jangka waktu tertentu, lonjakan harga pangan pokok dalam jangka waktu tertentu dan penurunan konsumsi pangan pokok sebagian besar masyarakat untuk memenuhi kebutuhan Pangan sesuai norma Gizi.

Pada pertemuan tersebut juga disebutkan bahwa Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG) perlu dioptimalkan pelaksanaannya sebagai tools untuk early warning system, dan untuk penetapan status krisis dilakukan sesuai jenjangnya yaitu nasional oleh Kepala Badan Pangan Nasional, provinsi  oleh gubernur dan kab/kota oleh bupati/walikota. 

Kepala NFA Arief Prasetyo Adi secara terpisah menegaskan agar sinergi pusat dan daerah dalam mengoptimalkan SKPG sangat penting artinya dalam upaya menekan tingkat kerawanan pangan dan gizi. 

Turut hadir pada FGD tersebut perwakilan dari K/L yaitu Kepala PSEKP Kementan, staf Kemendag dan Pakar Pokja Ahli Pangan seperti Prof. Endang Laksminingsih Achadi (UI), Prof. Drajat Martianto (IPB), Prof. Nuhfil Hanani (UB), Prof. Achmad Subagio (Univ Jember), Prof. Bernatal Saragih (Unmul), Prof. Nurpudji A. Taslim, (Unhas), Ir. Entang Sastraatmadja (HKTI Jabar), Dr. Muhammad Makky (UNAND), Dr. Jamhari (UGM), dan Fungsional AKP Utama Dr. Riwantoro (NFA).

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.