BADAN PANGAN NASIONAL
Pastikan Implementasi Pengawasan Keamanan Pangan, NFA dan KemenkumHAM Lanjutkan Harmonisasi RPerbadan Pengawasan Keamanan, Mutu, Gizi, Label, dan Iklan Pangan Segar

Dalam rangka memastikan RPerbadan Pengawasan Keamanan, Mutu, Gizi, Label, dan Iklan Pangan Segar dapat diimplementasikan oleh seluruh Kementerian/Lembaga yang terkait, KemenkumHAM dan Badan Pangan Nasional bersama Kementerian Hukum dan HAM kembali mengadakan Harmonisasi RPerbadan Pengawasan Keamanan, Mutu, Gizi, Label, dan Iklan Pangan Segar secara hybrid pada Rabu, 27 Maret 2024 di Jakarta.


“Rapat ke 3 harmonisasi ini secara prinsip sudah beberapa yang disepakati hendaknya menadi pedoman atau acuan, sehingga selanjutnya dapat kita selesaikan,” ungkap Andria Amoes, Perancang Undang-Undang Ahli Utama KemenkumHAM, selaku pemimpin rapat.


Rapat harmonisasi lanjutan rancangan perbadan ini membahas pasal 13-26 yang akan mengatur tentang pelaksanaan pengawasan, meliputi surveilans, dugaan pelanggaran, koordinasi rencana pengawasan, pedoman teknis pelaksanaan pengawasan, tenaga pengawasan, tindak lanjut, sanksi, dan pembinaan.


Zaenal Arifin selaku perwakilan Sekretariat Kabinet menyampaikan bahwa rancangan perbadan dimaksud selanjutnya akan membutuhkan persetujuan Presiden melalui mekanisme yang berlaku. 


Badan Pangan Nasional melalui Direktorat Perumusan Standar Keamanan dan Mutu Pangan berkomitmen untuk terus mengawal perkembangan rancangan Perbadan Pengawasan Keamanan, Mutu, Gizi, Label, dan Iklan Pangan Segar agar dapat diimplementasikan secara maksimal untuk menjamin perlindungan masyarakat. 



Harmonisasi yang dihadiri oleh perwakilan Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Sekretariat Kabiner, dan Kementerian Dalam Negeri, telah menyelesaikan harmonisasi rancangan perbadan tersebut.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.