BADAN PANGAN NASIONAL
Pastikan Stok Aman Sampai Akhir Tahun, NFA Tinjau Pasar Legi di Ponorogo

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terus berkomitmen untuk menjaga ketersediaan komoditas pangan bagi masyarakat sampai penghujung tahun 2023. Monitoring dan pengawasan terus dilakukan ke berbagai daerah.


"Hari ini kita melakukan pengawasan dan pemantauan terkait dengan stabilisasi pasokan dan harga pangan di Pasar Legi Ponorogo bersama dengan PD Pasar dan kawan-kawan dari OKKPD Ponorogo, jadi hasil pemantauan hari ini beras premium, beras medium di pasar legi stabil, baik dari pasokan maupun harganya, harga ada di bawah harga nasional dan harga provinsi," ujar Deputi 3 NFA Andriko Noto Susanto saat melakukan tinjauan ke Pasar Legi Ponorogo pada senin (25/12/23).


"Harga ada di kisaran 11.500 sampai 11.600, dan harga itu bagus ini berkat Bulog yang menggerojok beras SPHP setiap minggu sebanyak 3 kali antara 8-10 ton. Jadi ini merupakan upaya yang kita lakukan bersama bulog dalam rangka menstabilkan pangan dalam hal ini beras," pungkasnya.


Selain monitoring harga dan ketersediaan, NFA juga melakukan pemantauan pengawasan keamanan pangan yang ada di Pasar Legi Ponorogo. "Sudah dilaporkan dari pemantauan yang dilakukan OKKPD, dari 20 kelompok bahan pangan strategis itu secara umum termonitor aman secara fisik, kimia dan biologi, namun ada terlaporkan beberapa bahan pengawet untuk ikan asin dan ayam, tapi ini masih dalam proses pendalaman mudah-mudahan tidak menjadi terlalu berbahaya, tapi jika memang ditemukan kandungannya tinggi makan akan kita tindak lanjuti dengan tegas," ucap Andriko.


Giat ini didampingi oleh Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo, OKKPD Kabupaten Ponorogo, PD Pasar Pasar Legi Ponorogo, serta Perum Bulog Kancab Ponorogo.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.