Pemerintah Serap Gabah Petani di Sukabumi, Jawa Barat

Sukabumi, Pemerintah bersama petani melakukan panen dan serap gabah (Sergap) di Desa Caringin Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat pada hari Sabtu, (20/1).

Hadir dalam acara ini Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi, Kepala Badan Karantina Banun Harpini, Bupati Sukabumi, Aster Kodam, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten, dan Kepala Sub Divre Bulog wilayah Jawa Barat beserta jajaran.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, daerahnya tidak pernah kekurangan pangan karena hasil panen melimpah sepanjang waktu, terlebih dengan adanya upaya khusus yang dilakukan bersama Kementerian Pertanian.

"Kami telah mempersiapkan 3 gudang untuk menampung hasil panen petani. Kedepan akan ditambahkan lagi," kata Marwan Hamami.

Bahkan di Ciwaru, telah 4 kali tanam dan panen dalam setahun.

Agung Hendriadi, mengatakan, panen dan serap gabah yang dilakukan bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan pangan nasional, dan dapat digunakan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga beras dalam negeri.

"Bulog setempat akan menyerap hingga 7% dari panen padi petani di Sukabumi," kata Agung.

Sementara itu Banun Harpini, selaku penanggung jawab Upaya Khusus Percepatan Swasembada Padi, Jagung, dan Kedelai di Jawa Barat mengatakan, dari luas lahan 289 Ha padi varietas Sintanur yang dipanen, sebesar 20 Ha dengan produktivitas 5,3 ton/Ha GKP, sehingga dapat dihasilkan sebanyak 106 ton GKP.

“Kabupaten Sukabumi capaiannya tertinggi di Jawa Barat, sehingga surplus beras 18.000 ton pada Januari 2018," kata Banun.

Sedangkan varietas yang ditanam sebaiknya Inpari 32, 42, dsb karena lebih tahan wereng dibandingkan Ciherang.

Partisipasi kelompok tani Mandiri di Desa Caringin Kecamatan Gegerbitung dalam pembangunan ketahanan pangan melalui kerja sama dengan Bulog dirasa sangat membantu pemerintah dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga gabah/beras.

Kedepan dengan adanya panen hingga musim raya bulan Maret – April 2018 diprediksi produksi gabah akan melimpah sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan anjloknya harga di tingkat petani. Oleh sebab itu pemerintah telah menginstruksikan kepada Bulog untuk siap melakukan pembelian khususnya ketika menyentuh harga pembelian pemerintah (HPP). Dengan adanya upaya ini diharapkan stabilitas harga gabah/beras dapat terjaga baik bagi seluruh pihak.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.