Pengembangan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat


Dalam rangka perlindungan dan pemberdayaan petani, kelompok tani, dan/atau Gapoktan terhadap jatuhnya harga gabah, beras dan/atau jagung di saat panen raya dan masalah aksesibilitas pangan, pemerintah melalui Kementerian Pertanian cq Badan Ketahanan  Pangan melaksanakan kegiatan Penguatan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (Penguatan-LDPM). Maksud kegiatan tersebut adalah memberdayakan kelembagaan tersebut agar mereka mampu dan berdaya dalam melakukan aktivitas pendistribusian pangan, serta penyediaan cadangan pangan. 

Kegiatan Penguatan-LDPM dilaksanakan dalam 3 tahap dengan memberikan fasilitasi penguatan modal dan pemberdayaan. Gapoktan pada setiap tahapnya yaitu : 

a) Tahap Penumbuhan difasilitasi pembangunan atau renovasi sarana penyimpanan (gudang); pembelian gabah, dan/atau beras dan/atau jagung untuk usaha unit distribusi/pengolahan/pemasaran, dan pengadaan gabah/beras untuk cadangan pangan;

b) Tahap Pengembangan difasilitasi tambahan modal untuk pembelian gabah, beras dan/atau jagung oleh unit distribusi/pengolahan/pemasaran; 

c) Tahap Kemandirian Gapoktan dilaksanakan pengawalan, pembinaan, apresiasi dan sosialisasi oleh Provinsi. 

Gapoktan diharapkan mampu menggerakkan kegiatan agribisnis terutama pada unit usaha distribusi atau pemasaran, dan/atau unit pengolahan hasil untuk dapat melakukan pembelian penjualan gabah dan/atau beras dan/atau jagung dari anggotanya disaat panen raya serendah-serendahnya sesuai HPP untuk gabah dan/atau beras dan HRD. 

Dengan kegiatan pembelian-penjualan yang dilakukan oleh unit usaha distribusi/pengolahan/pemasaran untuk membeli gabah petani disaat panen raya sehingga dapat menerima harga yang layak dibandingkan jika mereka harus menjual kepada pelepas uang di daerahnya. Melalui kegiatan yang mengarah kepada pengembangan pemasaran hasil pertanian, Gapoktan diharapkan akan menjadi gateway institutions yang menjadi penghubung petani satu desa dengan lembaga-lembaga diluarnya.



Sasaran kegiatan Pengembangan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat 

Tahun 2015 – 2019

Uraian

Tahun

2015

2016

2017

2018

2019

Pengembangan LDPM

358 

241 

248 

90 

135 

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.