Pengendalian Inflasi dan Antisipasi Rawan Pangan LIbatkan Multi Sektor

Sebagai daerah dengan tingkat rentan rawan pangan yang relatif tinggi, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) meminta agar seluruh stakeholder terkait saling bersinergi menjaga ketahanan pangan di Papua,


Hal tersebut diungkapkan Direktur Pengendalian Kerawanan Pangan, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Rachmad Firdaus di Papua, Rabu (14/09/2022).


"Antisipasi kerawanan pangan di Papua perlu melibatkan lintas sektor dan disesuaikan faktor penyebab di masing-masing wilayah yang mencakup ketersediaan, harga, akses, dan konsumsi pangan secara terpadu," ujarnya.


Menurutnya, aspek-aspek ketahanan pangan mulai dari ketersediaan pangan, keterjangkauan pangan hingga pemanfaatan pangan secara simultan harus bergerak dikerjakan sehingga berdampak pada membaiknya indikator rentan rawan pangan seperti persentase penduduk miskin, rasio konsumsi normatif per kapita terhadap produksi bersih, dan persentase balita stunting.


Sementara itu, terkait dengan upaya pengendalian inflasi di Papua yang cenderung tinggi, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua Semuel Siriwa mengatakan, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Papua melakukan berbagai langkah antara lain monitoring harga, stok pangan, dan neraca komoditas strategis. Selain itu, dilakukan Operasi Pasar/Bazar Pangan Murah oleh OPD Pangan bekerjasama dengan NFA, BI, Bulog, dan Perindagkop.


Rachmad yang berkesempatan meninjau Pasar Youtefa Kota Jayapura dan Pasar Baru Kabupaten Jayapura Papua pada Selasa (13/09/2022) mengatakan, NFA mendorong sepenuhnya agar inflasi pangan di seluruh wilayah terjaga.


"Seperti disampaikan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi, kerja sama antar daerah menjadi penting dalam pengendalian inflasi, agar daerah saling mengisi pasokan komoditasnya, ada daerah sentra dan ada daerah defisit, sehingga pasokan tetap stabil dan harga terkendali." terangnya.


BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.