BADAN PANGAN NASIONAL
Penguatan Sistem Pangan Indonesia, Komisi IV DPR RI dukung Destinasi Wisata Labuan Bajo jadi “HUB” pangan di Provinsi Nusa Tenggara Timur

Labuan Bajo- Dalam kunjungan kerja reses Komisi IV DPR RI ke Kabupaten Manggarai Barat, Badan Pangan Nasional mendampingi Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin bersama anggota Komisi IV lainnya, melakukan lawatan ke Gudang Bulog Batu Cermin, TPI Labuan Bajo dan Kawasan Taman Nasional Wisata Komodo guna melihat langsung kondisi pangan dan sektor terkait lainnya di daerah tersebut, Senin (26/04).

Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi NFA, Nyoto Suwignyo mengatakan , Manggarai Barat memiliki potensi yang besar untuk menjadi sentra pangan. Tercatat baku lahan sawah Manggarai Barat seluas 18.267 Ha.

Menurut Nyoto, potensi Labuan Bajo untuk mengembangkan industri pertanian dan perikanan sangat besar. Industri ini diharapkan akan membuka banyak lapangan kerja di Indonesia dan membantu daerah terdekat  yang mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan pangan di wilayahnya.

Lebih lanjut  nyoto menegaskan agar Perum Bulog menyerap produksi dalam negeri (terutama wilayah manggarai barat) sebanyak-banyaknya pada periode panen raya "Badan Pangan Nasional secara konsisten akan terus memantau kinerja Bulog terutama dalam penyerapan hasil panen gabah dalam negeri," ungkapnya.

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengatakan sudah saatnya Labuan Bajo bukan hanya memasok kebutuhan pangan dari luar pulau, tapi mampu menyediakan kebutuhan untuk masyarakat dan wisatawan yang datang di sini.

Sudin menekankan pentingnya dukungan infrastruktur dan sumber daya lokal untuk memajukan sektor pangan di Manggarai Barat, yang juga terkait erat dengan sektor kelautan, kehutanan, dan pertanian.

Komisi IV yang memiliki fokus kerja di bidang kelautan, kehutanan, dan pertanian, terus berupaya memastikan bahwa setiap inisiatif dan program yang dijalankan mampu memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama di wilayah yang membutuhkan lebih banyak dukungan infrastruktur dan sumber daya.

"Kami ingin memastikan bahwa wisata di Manggarai Barat ini didukung oleh suplai pangan dari lokal setempat. Kami mendukung Labuan Bajo menjadi “HUB” Pangan untuk meningkatkan perekonomian daerah sambil menjaga keberlanjutan sumber daya alam, kami juga akan mengawal kelengkapan infrastruktur ketersedian pangan" ungkap Sudin.

Dalam kunjungan kerja reses Komisi IV DPR RI ke Kabupaten Manggarai Barat pada hari ini turut didampingi Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi , Deputi Kerawanan Pangan Nyoto Suwignyo, Direktur Jenderal KSDAE KLHK,  Satyawan Pudyatmoko, Direktur Jenderal Penegakan Hukum KLHK Rasio Ridho Sani, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan, Suwandi, Direktur Pengendalian Kerawanan Pangan Sri Nuryanti , Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novita, Direktur Utama ID FOOD, Frans Marganda Tambunan  dan beberapa perwakilan Mitra Komisi IV DPR RI.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.