BADAN PANGAN NASIONAL
Pentingnya Ketahanan Pangan sebagai Indikator Kinerja Kunci Evaluasi Penyelenggaraan Pembangunan Daerah

Pentingnya penyelenggaraan pangan dan ketahanan pangan serta peran pangan sebagai indikator Kinerja kunci evaluasi penyelenggaraan Pembangunan Daerah demikian disampaikan oleh Direktur Pengendalian Kerawanan Pangan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) pada FGD Ketahanan Pangan dan Penguatan Kelembagaan Pertanian diselenggarakan oleh Bank Indonesia.


Pada kesempatan tersebut juga jelaskan berbagai isu tentang situasi ketahanan pangan global dan lokal terutama strategi yang akan dilakukan untuk penguatan ketahanan pangan didalam mengantisipasi terjadinya El Nino. 


Diskusi yang dilakukan di Jakarta pada Senin(29/5/2023), menghasilkan berapa hal seperti perlunya mendorong penguatan sinergi komunikasi kebijakan untuk mendukung pengelolaan ketahanan pangan yang sejalan dengan pengendalian inflasi, serta komitmen dan dukungan, serta inovasi kebijakan pemerintah (pusat dan daerah). 


Selain hal tersebut juga diperlukan optimalisasi APBD untuk pengendalian inflasi daerah, penguatan kelembagaan dan akses pembiayaan mencakup capacity building, sosialisasi, edukasi, dan pendampingan.



FGD dilakukan dalam rangka untuk pendalaman substansi dan persiapan rakornas Pengendalian Inflasi 2023 dipimpin oleh Direktur Sektoral & Regional Departemen Kebijakan ekonomi dan Moneter BI M. Abdul Majid Ikram, dan dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pertanian, Kementerian Dalam Negeri dan Tim Pengendali Inflasi Bank Indonesia.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.