BADAN PANGAN NASIONAL
Perangi Angka Stunting, NFA Lakukan Monitoring Pastikan Program Rumah Pangan B2SA Berjalan Baik.

Sebagai upaya memerangi stunting di Indonesia, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) melalui Direktorat Penganekaragmaan Konsumsi Pangan terus menggencarkan langkah konkritnya melalui program Rumah Pangan Beragam, Bergizi seimbang dan Aman (B2SA) di Kabupaten Dompu, NTB . Salah satunya melalui program pemberian makanan bergizi di Desa Matua, Kecamatan Woja. Program ini telah dilaksanakan sebanyak 11 kali, menjangkau 51 anak stunting di desa tersebut.


Pemberian makanan bergizi ini direncanakan akan dilakukan sebanyak 60 kali, dengan frekuensi dua kali seminggu pada pukul 10 pagi. Program ini akan berlangsung hingga bulan Oktober 2024 dan selanjutnya akan dilanjutkan dengan menggunakan dana desa yang telah disiapkan oleh Desa Matua.


Kepala Desa Matua menjelaskan bahwa program ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka stunting, gizi buruk, dan gizi kurang di desanya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya perhatian ibu-ibu terhadap asupan makanan anak, karena banyak ibu yang bekerja sebagai buruh tani dan menitipkan anak-anak mereka kepada neneknya.


Untuk mengatasi hal ini, Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Matua membagi program pemberian makanan bergizi ini menjadi 3 pos, mengingat domisili anak-anak yang berjauhan, terutama di daerah pegunungan. Masing-masing pos memiliki penanggung jawab (PJ) untuk memastikan kelancaran program.


Pada awal pelaksanaan program dan pada pemberian makanan ke-9, dilakukan pengukuran terhadap perkembangan anak-anak stunting tersebut. Hal ini dilakukan untuk memantau efektivitas program dan memastikan bahwa program ini memberikan manfaat yang nyata bagi anak-anak.


Desa Matua merupakan salah satu dari 15 desa di Kabupaten Dompu yang ditetapkan sebagai desa lokus stunting. Penetapan ini dilakukan karena masih tingginya angka stunting di desa tersebut.


Pemerintah Kabupaten Dompu berkomitmen untuk terus berupaya memerangi stunting di wilayahnya. Berbagai program dan intervensi terus dilakukan, termasuk melalui pemberian makanan bergizi seperti di Desa Matua ini. Diharapkan dengan upaya yang dilakukan, angka stunting di Kabupaten Dompu dapat diturunkan secara signifikan.


#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #B2SA #RumahPangan #Dompu #NTB

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.