BADAN PANGAN NASIONAL
Perangkat dan Kepala Desa se Kabupaten Musi Banyuasin Mendapat Pencerahan Pola Konsumsi B2SA Berbasis Pangan Lokal

Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan, Badan Pangan Nasional/National Food Agency, Rinna Syawal hadir sebagai narasumber dalam seminar yang bertajuk "Ketahanan Pangan Lokal dan Gizi untuk Pencegahan Stunting". Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin bekerja sama dengan Harian Sumatera Harian Ekspres di Hotel Zuri Palembang pada Minggu, 29 Oktober 2023.


Kegiatan ini dihadiri oleh sebanyak 450 orang peserta terdiri dari BPD dan Kepala Desa se-Musi Banyuasin dengan tujuan mengajak dan memberikan pemahaman pemanfaatan pangan lokal untuk mencegah stunting yang dapat diterapkan di daerah mereka masing-masing.


Rinna Syawal dalam paparannya menyampaikan pentingnya untuk menerapkan pola konsumsi Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) guna memperbaiki kualitas gizi masyarakat. Pemanfaatan 20% Dana Desa untuk ketahanan pangan desa juga didorong mampu meningkatkan kualitas konsumsi masyarakat disamping memperkuat ekonomi desa.


Kerja sama antar pemerintah dan masyarakat juga diperlukan guna pengentasan masalah stunting. Sosialisasi dan edukasi mengenai pola konsumsi B2SA perlu digencarkan kepada seluruh lapisan masyarakat. Berubahnya pola konsumsi masyarakat ke arah B2SA dapat mewujudkan masyarakat yang sehat, aktif dan produktif menuju Indonesia Emas 2045.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.