BADAN PANGAN NASIONAL
Peresmian Lumbung Mataraman Yogyakarta, NFA Serahkan Mobil Laboratorium Keliling Keamanan Pangan

Sebagai upaya memperkuat pengawasan keamanan pangan segar di peredaran, Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA) menyerahkan mobil laboratorium keliling pengawasan keamanan pangan yang dilengkapi peralatan pengujian serta promosi keamanan dan mutu pangan segar kepada Provinsi DIY. Sarana ini digunakan untuk mendukung operasional kegiatan Otoritas Kompeten Keamanan Pangan di tingkat pusat/ OKKP-P dan OKKP di tingkat daerah/ OKKP-D dalam melaksanakan pengawasan keamanan pangan segar di post market.


Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto mengatakan bahwa untuk saat ini, pemanfaatan mobil laboratorium keliling akan difokuskan untuk menunjang  pengawasan post market di pusat selaku OKKP-P serta di 8 Provinsi selaku OKKP-D, dan Provinsi DIY adalah salah satu yang mendapatkan mobil laboratorium keliling  sebagai bentuk apresiasi kinerja Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY sebelumnya dan untuk semakin memperkuat pengawasan keamanan pangan selanjutnya.


“Sesuai dengan roadmap pengawasan keamanan pangan tahun 2022 – 2024, jumlah sampel ditargetkan sebanyak 2240 (jumlah ini lebih sedikit dari tahun 2021) sampel pada tahun 2022 dan menjadi sebanyak 10000 sampel pada tahun 2024,” tegasnya. 


"Mengingat tingginya mobilitas kegiatan pengawasan keamanan pangan segar di masa mendatang sesuai roadmap pengawasan pangan tahun 2022- 2024, yang didukung dengan semakin banyaknya tenaga pengawas keamanan pangan yang kompeten dan menguatnya dukungan regulasi pengawasan, saya kira perangkat operasional pengawasan seperti mobil laboratorium keliling yang dilengkapi dengan sarana prasarana pengawasan sangat dibutuhkan," ujar Andriko.


“Badan Pangan Nasional selaku Otoritas Kompeten Keamanan Pangan diharapkan dapat memiliki dukungan operasional pengawasan keamanan pangan segar di lapangan, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap keamanan pangan segar yang beredar,” tambahnya.


Ini merupakan bentuk kehadiran pemerintah dalam memastikan jaminan keamanan pangan segar di peredaran, salah satunya dengan melakukan pengujian cepat secara langsung di lokasi dengan rapid test untuk mengetahui ambang batas aman kandungan residu pestisida dan uji formalin pada produk pangan segar.


keberadaan laboratorium keliling diharapkan dapat menunjang dan meningkatkan pengawasan post market dengan jumlah sampel yang lebih banyak dan cakupan lebih luas serta dapat meningkatkan frekuensi sampling pangan segar di peredaran serta meningkatkan respon cepat pengawasan dan tindak lanjutnya. 

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.