BADAN PANGAN NASIONAL
Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52, NFA Hadirkan Mobil Laboratorium Keliling Pengawasan Keamanan Pangan Segar

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) kembali berkolaborasi dan bersinergi dengan Tim Penggerak PKK Pusat dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor melaksanakan pengawasan pangan segar asal tumbuhan (PSAT) di peredaran. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) ke-52 yang di gelar pada Senin (4/3/2023) di Cibinong, Bogor. 


Dalam kesempatan ini, NFA menghadirkan Mobil Laboratorium Keliling Pengawasan Keamanan Pangan yang merupakan mini laboratorium sebagai salah satu sarana pelayanan uji cepat pangan segar. 


Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’aruf Amin beserta Ibu-Ibu OASE Kabinet Maju yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengunjungi Mobil Laboratorium Keliling yang digunakan untuk melakukan pengujian beberapa komoditas pangan segar yang berasal dari Pasar tradisional Cibinong. 


Dalam kunjungannya, Ibu negara Iriana Joko Widodo menyampaikan apresiasi nya dan memberikan arahan bahwa Ibu rumah tangga harus memastikan bahwa pangan segar yang akan dikonsumsi oleh anggota keluarga harus aman untuk dikonsumsi.

 

Hasil uji cepat keamanan pangan dengan rapid test kit menunjukkan bahwa beras SPHP negatif dari klorin. Sedangkan cabe merah keriting, cabe rawit kecil, cabe rawit hijau, tomat, wortel, bawang merah dan bawang putih negatif pestida serta daging ayam dan ikan kembung negatif formalin.  


Dalam hal ini, Badan Pangan Nasional hadir untuk menjamin bahwa pangan segar yang beredar di masyarakat aman dikonsumsi, melalui pengawasan Pre Market dan Post Market. 


Pada tahun 2023, NFA telah memfasilitasi Mobil Laboratorium Keliling Pengawasan Keamanan Pangan kepada 8 Dinas Provinsi yang menangani pangan yaitu Provinsi Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. 



Sedangkan pada tahun 2024 akan memfasilitasi kepada 6 Dinas yang menangani pangan yang berkinerja baik.  Harapannya dengan adanya Mobil Laboratorium Keliling Pengawasan Keamanan Pangan dapat meningkatkan ketersediaan pangan segar aman di Indonesia.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.