Peringati Hari Pahlawan bersama Petani, Peternak, dan Nelayan, NFA Gelar Bazar Pangan dan serahkan Bantuan Logistik Pangan

PEKALONGAN - Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) memperingati Hari Pahlawan Nasional bersama para petani, peternak, dan nelayan di Kota Pekalongan. Dalam momen tersebut dilaksanakan berbagai kegiatan seperti Gerakan Pangan Murah melalui pelaksanaan Bazar Pangan Murah, penyerahan bantuan logistik pangan, pemberian penghargaan, serta penyerahan bantuan paket sembako.


Menurut Kepala NFA Arief Prasetyo Adi, Hari Pahlawan merupakan momentum yang tepat untuk memperkuat kedekatan dengan para pahlawan pangan nasional, yaitu para petani, peternak, dan nelayan. "Tanpa kita sadari mereka adalah para pahlawan di bidang pangan. Kontribusi dari para petani, peternak, dan nelayan sangat besar bagi pemenuhan dan ketahanan pangan nasional," ujarnya saat menghadiri Peringatan Hari Pahlawan dan Hari Pangan Sedunia di Kota Pekalongan, Kamis, (10/11/2022).


Arief mengatakan, NFA tidak akan pernah bisa dilepaskan dari petani, peternak, dan nelayan, karena tiga kelompok tersebut merupakan mitra strategis sekaligus ujung tombak dari ketersediaan pangan nasional. “Untuk itu, misi kita jelas membangun inklusifitas bagi petani, peternak dan nelayan melalui serangkaian kebijakan pangan yang tidak hanya berorientasi pada keterjangkauan harga di hilir tetapi juga kesetimbangan harga dari tingkat produsen. Dengan begitu kita dapat mewujudkan petani, peternak, dan nelayan sejahtera, pedagang untung, dan masyarakat tersenyum,” ujarnya.


Untuk memaknai dan mengapresiasi jasa para pahlawan pangan tersebut, ujar Arief, NFA menggelar serangkaian kegiatan yang melibatkan petani, peternak, dan nelayan di wilayah Pekalongan dan sekitarnya. Diantaranya, gelaran Bazar Pangan Murah yang menjual berbagai komoditas pangan produksi lokal dengan harga terjangkau.


Bazar tersebut menyediakan daging ayam ras seharga Rp 27 ribu/kg, cabai merah Rp 20 ribu/kg, bawang putih Rp 20 ribu/kg, bawang merah Rp 27 ribu/kg, beras Rp 9.450/kg, minyak goreng Rp 12.500/liter, dan gula pasir Rp 13 ribu/kg. Selain itu, juga tersedia aneka buah-buahan, sayuran,s erta berbagai produk UMKM berupa inovasi pangan berbahan dasar komoditas lokal.


“Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia. Acara dibangun dengan semangat kolaborasi melibatkan BUMN Pangan seperti, BULOG dan Holding Pangan ID FOOD, sektor swasta, kelompok tani, UMKM, serta universitas,” ucapnya.


Diharapkan bazar tersebut dapat meningkatkan serapan hasil pertanian petani, peternak, dan nelayan lokal sekaligus menjaga stabilisasi harga komoditas pokok dalam rangka pengendalian inflasi daerah. Menurut Arief, bazar pangan murah dan operasi pasar menjadi salah satu langkah pengendalian inflasi pangan yang efektif. Terbukti pada Oktober lalu, seperti dilaporkan Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi penurunan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 112,87 di bulan September 2022 menjadi 112,75 di bulan Oktober 2022 atau terjadi penurunan 0,11 persen secara bulanan (MoM), dengan kontribusi terbesar dari sektor pangan -0,25 persen.


Faktor penyebab turunnya inflasi pangan, menurut Arief, salah satunya dampak dari gencarnya pelaksanaan operasi pasar atau bazar pangan murah di berbagai daerah. Sampai dengan awal November 2022 ini, NFA bekerja sama dengan dinas urusan pangan daerah, Bank Indonesia, pelaku usaha, dan stakeholder lainnya telah melaksanakan 125 kali bazar pangan murah di 25 provinsi dan 56 kabupaten/kota.


“Selain untuk membersamai petani, peternak, dan nelayan di Pekalongan, pelaksanaan bazar pangan murah ini sebagai langkah untuk turut menekan angka inflasi di Pekalongan sebagai salah satu barometer inflasi di Jawa Tengah,” utasnya.


Pelaksanaan bazar untuk menekan inflasi pada peringatan Hari Pahlawan Nasional sekaligus Hari Pangan Sedunia ini sejalan dengan arahan Presiden RI yang menyampaikan, bahwa perkembangan harga pangan dan inflasi merupakan dua hal yang harus menjadi fokus perhatian kementerian/lembaga serta pemerintah daerah.


Selain itu, juga turut digelar simbolisasi penyerahan bantuan logistik pangan dari NFA berupa sarana Cold Storage untuk Bawang Merah kepada Gapoktan Kab. Brebes, Reefer Container untuk Daging unggas kepada BUMD Jawa Tengah. Sarana logistik pangan ini bertujuan untuk memperpanjang umur simpan komoditas pangan.


Kegiatan lainnya berupa apresiasi bagi para pahlawan pangan melalui pemberian piagam penghargaan bagi petani, peternak, dan nelayan berprestasi, diantaranya peternak sapi perah Pekalongan, petani padi (kelompok tani), nelayan Pekalongan, peternak ayam petelur, dan petani bawang merah.Turut dilakukan pula kegiatan pembagian sembako bagi Legium Veteran, petani, peternak, dan nelayan.


Sementara itu,Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid menyambut baik dipilihnya Kota Pekalongan sebagai tempat penyelenggaraan Hari Pahlawan dan Hari Pangan Sedunia oleh NFA. Ia mengatakan, momen peringatan ini dapat memperkuat semangat petani, peternak, dan nelayan setempat untuk terus meningkatkan produksinya.


Selain itu, ia juga berpesan kepada masyarakat untuk mendukung program pemerintah menjaga ketahanan pangan nasional. Salah satunya dengan pemanfaatan lahan-lahan pekarangan disekitar rumah sehingga dapat mandiri pangan. “Kita jadikan diri kita sebagai pahlawan pangan yang berkontribusi membantu ketahanan pangan,” ujarnya.

.

——————————

*Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:*

komunikasi@badanpangan.go.od

Telp : 087783220455

*Siaran Pers*

*Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA)*

112/R-NFA/XI/2022

10 November 2022

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.