Perkuat Cadangan Beras untuk Mengantisipasi Krisis Pangan

Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA) selenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) penguatan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) bersama kementerian/lembaga terkait pada Rabu, 28 September 2022. Rakor tersebut diselenggarakan sebagai bentuk antisipasi terhadap ancaman krisis pangan dunia yang diperkirakan akan berlangsung hingga tahun 2023.


Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Harga NFA I Gusti Ketut Astawa menyebutkan bahwa perencanaan CBP sangat penting untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga beras serta pengendalian inflasi yang bisa diakibatkan oleh bahan pangan. Pengadaan CBP tersebut dilaksanakan melalui Perum BULOG terhitung mulai tanggal 2 September sampai dengan 30 November dengan skema harga Fleksibilitas.


"Rakortas telah memutuskan sampai dengan Desember 2022 Cadangan Beras Pemerintah ditetapkan sebesar 1,2 juta ton setara beras, dan diutamakan bersumber dari dalam negeri," ungkap Ketut.


Dalam pertemuan tersebut, juga dibahas skema sinergi dan kolaborasi antar kementerian/ lembaga dan BUMN di bidang pangan untuk pengamanan CBP sepanjang tahun 2023. Melalui perencanaan cadangan pangan yang baik tersebut diharapkan upaya sirkulasi CBP dapat berjalan dengan lancar serta berdampak positif bagi seluruh stakeholders di bidang pangan.


Pertemuan dihadiri oleh Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan NFA, perwakilan Asdep Pangan Kemenko Perekonomian, Direktur Komersil Perum BULOG, anggota Satgas Pangan Polri, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, perwakilan Asdep Bidang Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN, PT. RNI, dan PT. Sang Hyang Seri.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.