BADAN PANGAN NASIONAL
Perkuat Pengendalian Internal, Badan Pangan Nasional melaksanakan Bimtek Asesor penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi di Lingkungan Badan Pangan Nasional

Sebagai upaya penguatan penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan Badan Pangan Nasional. Inspektorat Badan Pangan Nasional melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi tim asesor penilaian maturitas SPIP terintegrasi di Lingkungan Badan Pangan Nasional di Bogor, Selasa (26/9/2023). 


Inspektur Badan Pangan Nasional, Muh Imron, mengatakan upaya penerapan SPIP merupakan amanat dari PP 60 Tahun 2008 yang pelaksanaannya wajib bagi Kementerian/ Lembaga. Lebih lanjut disampaikan bahwa proses penilaian implementasi SPIP dilaksanakan dalam beberapa tahapan yang diawali oleh penilaian mandiri oleh asesor kemudian penjaminan kualitas oleh auditor dan kemudian dilakukan penilaian atau evaluasi oleh BPKP selaku pembina kegiatan SPIP. 


Pelaksanaan SPIP oleh instansi agar tidak terjebak ke dalam pemenuhan aspek administrasi saja, namun yang lebih penting adalah bagaimana pengendalian intern pada masing-masing unit kerja diterapkan dan melekat pada pimpinan dan seluruh unsur di dalamnya terang Imron.


Output dari Bimtek ini diharapkan dapat memberikan pemahaman secara menyeluruh mengenai penerapan SPIP khussunya tahap penilaian mandiri oleh asesor yang mewakili masing-masing unit kerja di lingkungan Badan Pangan Nasional.


Bimtek ini menghadirkan narasumber dari Badan Pangawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan dihadiri oleh Para Kepala TU, para PPK, Auditor, Staf Pengelola Keuangan serta tim assesor SPIP di lingkungan Badan Pangan Nasional.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.