BADAN PANGAN NASIONAL
Pertemuan Koordinasi Proyeksi Neraca Pangan Memperkuat Data Pangan

2024 merupakan tahun yang penuh tantangan, salah satunya penyediaan pangan akibat situasi geopolitik yang membuat harga cenderung naik. Di sisi lain peningkatan produksi pangan serta pemerataan antar waktu dan antar wilayah menjadi tantangan tersendiri bagi upaya menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan. Untuk itu proyeksi neraca pangan menjadi data yang sangat vital untuk memastikan kondisi surplus atau defisitnya kondisi pangan.


Sebagai dasar dan pedoman dalam penyusunan proyeksi neraca pangan, telah diterbitkan Peraturan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Nomor 22 Tahun 2023 tentang Tata Cara Penyusunan Proyeksi Neraca Pangan sebagai acuan bagi kementerian/lembaga, Pemerintah Daerah (provinsi dan kabupaten/kota), serta asosiasi pelaku usaha pangan. Melalui Proyeksi Neraca Pangan ini, Pemda dapat mencermati kondisi ketersediaan pangan di daerahnya.


"Upaya pemenuhan kebutuhan pangan daerah tentunya akan mendorong upaya kerja sama antar daerah yang merupakan arahan dari kebijakan Presiden Joko Widodo, terutama dalam menjaga dan memantau distribusi pangan untuk kepentingan masyarakat," ujar Plt Direktur Ketersediaan Pangan NFA Budi Waryanto. 


Pertemuan Koordinasi Proyeksi Neraca Pangan Tahun 2024 dilaksanakan di Yogyakarta pada Kamis (7/3/2024) untuk membangun kesamaan persepsi dan sinergi antara Pusat dengan Daerah, serta meningkatkan pemahaman dan kinerja aparatur pemerintah dalam penyusunan Proyeksi Neraca Pangan.


Dari acara ini dihasilkan beberapa upaya peningkatan kualitas data Proyeksi Neraca Pangan sebagaimana arahan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi, yaitu perbaikan metodologi, updating data setiap bulan bersama kementerian/lembaga teknis, survei stok beras dan jagung di akhir/awal tahun, bimbingan dan supervisi di daerah, serta pelaksanaan survei panel Simonstok pada Maret 2024.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.