BADAN PANGAN NASIONAL
Petani Bawang Merah Bima Manfaatkan Sarpras NFA

Petani bawang merah mulai memanfaatkan sarana dan prasarana rantai dingin (cold chain) yang disiapkan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) di Desa Cenggu, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Sebanyak 18 ton bawang merah telah dimasukkan ke dalam cold storage chiller untuk menjaga kualitas produk dan memperpanjang masa simpannya.


Kepala NFA Arief Prasetyo Adi dalam keterangannya di Jakarta pada Kamis (04/09/2023) mengatakan NFA telah menyiapkan sarana dan prasarana rantai dingin (cold chain) untuk mendukung penguatan produk pertanian dan pangan selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo.


"Memang ini kondisinya ketika panen dan banyak stok di lapangan, harga menjadi rendah. Maka kita simpan dulu sebagian ke dalam cold storage sebagai cadangan pangan agar pasokannya normal dan harganya bisa kembali stabil," ungkapnya.


Selanjutnya NFA juga mendorong offtaker baik BUMN dan BUMD maupun pelaku usaha lainnya untuk menyerap hasil panen petani sesuai Harga Acuan Pembelian (HAP), atau setidaknya biaya pokok produksi seperti yang telah dilakukan bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.


Saat ini harga bawang merah konde basah di sentra Kabupaten Bima berkisar di angka Rp 10.000-12.000/kg. Berdasarkan Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 11 Tahun 2022 HAP bawang merah di tingkat produsen ditetapkan untuk jenis konde basah Rp 18.500-20.000/kg, rogol kering panen Rp 18.500-20.000/kg, rogol kering panen Rp 25.000-30.000/kg, dan konde kering askip Rp 32.000/kg.


Sementara itu dari data Panel Harga Pangan, rata-rata nasional harga bawang merah rogol kering panen sebesar Rp 14.680/kg dan di tingkat konsumen, rata-rata nasional harga bawang merah sebesar Rp 27.304/kg.


Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Pangan Kabupaten Bima Helmiyati mengungkapkan, sebagai salah satu sentra penghasil bawang merah terbaik di Indonesia, keberadaan sarana dan prasarana rantai dingin telah memberikan dampak positif yang besar bagi pengembangan industri bawang merah di Kabupaten Bima. 


“Saat ini kami sedang meninjau bawang merah yang akan disimpan ke dalam cold storage, ini berfungsi untuk memperpanjang masa simpan dan mengurangi susut karena saat ini di Kabupaten Bima sedang panen raya, dan di bulan Agustus tahun ini harganya cenderung turun. Untuk itu kami sangat berterima kasih, dua CSC yang dibantu NFA pada tahun 2022 lalu sangat bermanfaat untuk petani disini,” ungkapnya.



Dalam memperkuat sistem distribusi dan cadangan pangan nasional, pada tahun 2022 NFA telah menempatkan beberapa sarana dan prasarana rantai dingin berupa cold storage, reefer container, air blast freezer, dan heat pump dryer di 8 provinsi wilayah sentra produsen. Memasuki tahun 2023, sarpras akan ditempatkan di wilayah-wilayah konsumen untuk menjadi Hub Distribution sekaligus menjaga ketersediaan dan stabilitas pangan di wilayah tersebut.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.