Presiden Jokowi Tegaskan Kerjasama Kunci Atasi Inflasi

Pemerintah terus melakukan pengendalian inflasi khususnya yang disebabkan tekanan inflasi pangan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat inflasi Indonesia (yoY) pada bulan Juli 2022 sebesar 4,94%, di mana salah satu penyebab utama kenaikan tersebut adalah inflasi pangan yang saat ini mengalami peningkatan.


Presiden Joko Widodo mengatakan, saat ini inflasi merupakan momok semua negara sekarang ini adalah. Tapi ia meyakini dengan kerja sama antara provinsi, kabupaten/kota, gubernur, bupati, walikota, TPID, TPIP inflasi bisa ditekan dan kembali lagi ke angka di bawah 3%. Mengingat Indonesia memiliki stok komoditas yang mencukupi.


Merespon kondisi tersebut, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) telah menyiapkan sejumlah rencana aksi dan extra effort pengendalian inflasi nasional diantaranya terus meningkatkan mobilisasi pangan dari daerah surplus ke daerah defisit untuk menjaga stabilitas harga, penguatan infrastruktur pangan, penetapan harga acuan untuk menjaga stabilisasi harga di tingkat produsen dan konsumen, operasi pasar melibatkan stakeholder pangan, dan monitoring ketersediaan pasokan dan harga pangan.

.

#BadanPanganNasional #NFA #PanganKuatIndonesiaBerdaulat #Pangan #KetahananPangan #PanganLokal #Kolaborasi #Sinergi #KetahananPangan #KedaulatanPangan #StabilisasiPangan

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.