BADAN PANGAN NASIONAL
Promosi Standar Keamanan Pangan, NFA Gelar Kunjungan Industri Dalam Rangkaian Hari Keamanan Pangan Sedunia

Dalam rangkaian acara Hari Keamanan Pangan Sedunia (World Food Safety Day), Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) melakukan kunjungan ke PT. Sewu Segar pada 22 Juni 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat secara langsung proses penanganan pasca panen, pengemasan, dan distribusi produk yang memenuhi standar keamanan pangan skala industri, khususnya untuk komoditas buah pisang, nanas, dan melon.

Kegiatan ini diikuti oleh 39 peserta dari OKKPD Provinsi Dinas Urusan Pangan. Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto, menjelaskan bahwa kunjungan ke PT. Sewu Segar ini menjadi benchmarking penting untuk diterapkan oleh peserta. "Kunjungan ini untuk melihat bagaimana industri buah, khususnya pisang, mengelola proses pasca panen dengan baik. Dari hulu ke hilir, setiap proses dikerjakan dengan baik untuk menjamin kualitas buah pisang yang baik. Proses end-to-end ini yang ingin kami dorong agar kawan-kawan dari provinsi memahami dan bisa menerapkan di wilayahnya masing-masing," ujar Andriko.

Sebelumnya, NFA juga telah melakukan kunjungan ke UPT Pengembangan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Puspa Lebo untuk mempelajari pengembangan dan budidaya melon serta pemasarannya. Field trip ini memberikan wawasan mendalam mengenai praktik terbaik dalam pengelolaan pasca panen dan distribusi produk hortikultura.

Diharapkan kunjungan ini dapat menginspirasi para peserta untuk menerapkan standar keamanan pangan yang tinggi di wilayah mereka, memastikan pangan yang aman dan berkualitas dari hulu hingga hilir. Dengan demikian, konsumen dapat menikmati produk buah yang tidak hanya lezat tetapi juga aman untuk dikonsumsi.

#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #KeamananPangan #WFSD #HariKeamananPanganSedunia

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.