Rakortas Pengendalian Inflasi, Ini Langkah Badan Pangan Nasional

Kenaikan harga komoditas pangan berkontribusi signifikan pada tingkat inflasi. Untuk mengendalikan inflasi agar tidak bergejolak, Badan Pangan Nasional melakukan beberapa langkah strategis antara lain melakukan operasi pasar melibatkan stakeholder terkait.


Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi dalam Rakortas Pengendalian Inflasi, Kamis (01/09/2022) mengatakan, untuk komoditas telur yang mengalami kenaikan harga dalam beberapa waktu terakhir, pihaknya menggelar operasi pasar telur,


“Apa yang disampaikan Bapak Presiden terkait telur bahwa dalam dua minggu akan turun, saya rasa dalam satu minggu akan kita turunkan segera. Dan ini melibatkan seluruh peternak telur rakyat, asosiasi dan pedagang serta stakeholder lainnya.” ujar Arief.


Selain operasi telur, strategi lain yang dilakukan oleh NFA untuk mengendalikan inflasi adalah memobilisasi pangan dari daerah surplus ke daerah defisit. Mobilisasi pangan ini menurunkan biaya distribusi pangan sehingga dapat menekan harga di tingkat konsumen.


NFA telah memfasilitasi distribusi beberapa komoditas antara lain bawang merah dari Bima NTB ke Palembang, Bangka, dan Temanggung. Untuk cabai didatangkan dari Wajo Sulsel ke Jakarta. Sementara untuk komoditas jagung yang surplus di daerah Sumbawa dan Bima NTB diangkut ke Jatim dan Jateng untuk memenuhi kebutuhan pakan peternak rakyat.


Langkah strategis selanjutnya yang dilakukan NFA adalah mengatur harga melalui penetapan HET, HAP dan HPP melalui Peraturan Badan pangan Nasional (Perbadan).


“Jadi untuk mengatur harga di hilir, kita harus tahu persis berapa harga pokok produksi, berapa marjin yang wajar, sampai dengan end customer. Penyusunan ini tentunya bersama stakeholder pangan dan kita sepakati bersama.” terang Arief.


Selain langkah di atas, NFA juga melakukan monitoring ketersediaan pasokan dan harga pangan hingga ke tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Arief meminta para Gubernur agar menyiapkan neraca komoditas pangan strategis di tingkat daerah sehingga dapat diketahui  secara akurat kondisi ketersediaan dan kebutuhan pangan di masing-masing daerah.


#badanpangannasional #ketahananpangan #inflasi #rakortas #telur #pangan #pangankuatindonesiaberdaulat #panganaman #panganstabil #kemandirianpangan #menkoekon #perekonomianri #kemenko

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.