BADAN PANGAN NASIONAL
Ramadan Ceria Pangan, Cara Badan Pangan Nasional Perangi Boros Pangan Di Bulan Puasa

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terus melakukan edukasi dan kampanye Stop Boros Pangan guna mengurangi food waste. Kegiatan ini semakin digencarkan pada Hari Besar dan Keagamaan Nasional (HBKN) puasa dan Idulfitri ini. Hal tersebut diungkapkan Deputi II Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Nyoto Suwignyo, saat menghadiri kegiatan Ramadan Ceria Pangan, Senin, (10/4/2023), di Karawang. 

Nyoto mengatakan, bersama sejumlah stakeholder pegiat pencegahan food waste, NFA selama bulan puasa ini terus menggencarkan kampanye pencegahan food waste, salah satunya melalui kegiatan Ramadan Ceria Pangan. "Hari ini kita kembali melaksanakan Ramadan Ceria Pangan kali ini di Kabupaten Karawang. Kegiatan ini merupakan upaya NFA membangkitkan kesadaran tentang pentingnya memperbaiki pola konsumsi pangan kita agar tidak membuang-buang makanan, mengambil seperlunya saja sehingga kita bisa makan dengan cukup dan bisa lebih banyak membantu sesama," ujarnya.

Ramadan Ceria Pangan di Karawang diisi dengan kegiatan donasi, dongeng anak, demo masak bersama tim penggerak PKK Kabupaten Karawang, serta doorprize. Makanan yang didonasikan terdiri dari takjil dan menu buka puasa.

Sementara itu, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana yang turut hadir dalam galaran Ramadan Ceria Pangan tersebut mengungkapkan, pihaknya menyambut baik terlaksananya kegiatan Ramadan Ceria Pangan di Kabupaten Karawang. Menurutnya, kampanye Stop Boros Pangan yang diusung dalam kegiatan tersebut sangat penting untuk difahami dan diterapkan masyarakat dalam keseharian.

Kepala NFA Arief Prasetyo Adi dalam kesempatan berbeda mengatakan, Ramadan harus menjadi momentum untuk mengubah kebiasaan boros pangan menjadi hemat pangan. Sebab boros pangan merupakan perilaku mubazir yang harus dihindari karena berdampak buruk pada diri dan lingkungan.

Gerakan pencegahan food waste sendiri, tambah Arief, sudah menjadi salah satu program utama yang dijalankan NFA yang erat kaitannya dengan pengentasan kerawanan pangan dan gizi. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo yang  meminta agar semua pihak berkolaborasi mengatasi permasalahan kerawanan pangan dan gizi termasuk di dalamnya persoalan stunting.


#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #Pangan #PanganNasional #KetersediaanPangan #KeamananPangan #MakanEnak #MakanSehat #B2SA #Kolaborasi #Publikasi #Berita #Pangan #RamadanCariaPangan #GPM #Karawang #Gizi #Stunting #Donasi #FoodWaste #StopBorosPangan

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.