BADAN PANGAN NASIONAL
Rumah Pangan B2SA: Solusi Ampuh Penanganan Stunting di Lombok Barat

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok semakin gencar menangani masalah stunting yang masih menjadi tantangan besar di daerah tersebut. Salah satu inisiatif yang dilakukan NFA adalah dengan mendirikan program Rumah Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) yang bertujuan untuk menyediakan pangan berkualitas dan edukasi pangan B2SA bagi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA, Rinna Syawal saat melakukan pemantauan dan peninjauan ke Rumah Pangan B2SA Desa Kebon Ayu, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat pada Selasa (6/8/2024).

"Program Rumah Pangan B2SA adalah salah satu langkah konkret yang kami lakukan untuk menurunkan angka stunting di Lombok Barat. Dengan menyediakan pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) kami berharap anak-anak dapat tumbuh sehat dan optimal menjadi generasi yang berkualitas, aktif, dan produktif," ungkap Rinna.

Selanjutnya, Rinna mengatakan Program Rumah Pangan B2SA selain dirancang untuk memberikan dukungan makanan menu B2SA dalam meningkatkan status gizi anak-anak secara maksimal, juga dilakukan pemberdayaan masyarakat melalui edukasi pentingnya diversifikasi pangan dengan pemanfaatan sumber pangan lokal.

"Rumah Pangan B2SA ini selain kami fokuskan pada kegiatan penyediaan sumber pangan yang berkualitas dengan sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, juga diadakan sesi edukasi tentang pentingnya pola makan yang seimbang dan cara mengolah makanan sehat dengan pemanfaatan bahan-bahan lokal," ujarnya.

Terakhir, Rinna mengungkapkan bahwa pemerintah daerah dan masyarakat setempat menyambut baik kehadiran Rumah Pangan B2SA dan berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan program secara berkelanjutan. "Dengan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat diharapkan program ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan hingga masalah stunting di Lombok Barat dapat segera teratasi," tutup Rinna.

#badanpangannasional #nationalfoodagency #bapanas #NFA #pangankuatindonesiaberdaulat #penganekaragamanpangan #b2sa #makanb2sa #panganlokal #kenyanggakharusnasi #sehatdenganpanganlokal #edukasib2sa #stunting #kualitaspangan #rumahpanganb2sa #rumahpanganb2salombokbarat #ntb

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.