BADAN PANGAN NASIONAL
Screening Awal EPSS Badan Pangan Nasional untuk Satu Data Indonesia dan Satu Data Pangan

Dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan Satu Data Indonesia dan Satu Data Pangan, Badan Pangan Nasional memiliki tugas dalam hal penyebaran informasi dan data yang kredibel. Hal ini mendorong Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Pangan Badan Pangan Nasional menyelenggarakan Kegiatan Screening Pelaksanaan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) di Badan Pangan Nasional, Kamis (11/05/2023) di Depok. 

Kepala Pusdatin Pangan NFA Kelik Budiana menyampaikan meskipun baru berusia 2 (dua) tahun, keberadaan NFA sebagai lembaga pemerintah memiliki komitmen kuat mengenai pelaksanaan statistik dan mengikuti perkembangan EPSS. Hal ini tidak terlepas dari penegasan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi bahwa data pangan harus bertumpu pada validitas yang kuat dan hal tersebut dibangun dari tata kelola statistik yang kredibel. 

Karena itu, Kelik mengatakan terdapat dua kegiatan statistik NFA yang diajukan dalam penilaian EPSS 2023, yaitu penyusunan Indeks Ketahanan Pangan dan survei perkembangan Panel Harga Pangan. 

"Keikutsertaan NFA dalam EPSS Ini menjadi motivasi bagi kita untuk meningkatkan kinerja terkait kegiatan statistik di lingkungan NFA. Kita tentunya berharap kegiatan yang kita ajukan dalam EPSS ini mendapat penilaian yang baik dari Tim Penilai," ujar Kelik. 

Sementara itu, salah satu Tim Penilai EPSS dari BPS Wahyunindarsih mengatakan kegiatan statistik NFA tersebut dapat dinilaikan dalam kegiatan EPSS. 

 â€œKegiatan statistik di Badan Pangan Nasional ini sudah terlihat dan berjalan cukup baik, akan tetapi masih perlu pembinaan dari sisi dokumentasi kegiatan, kami menyepakati bahwa kegiatan statistik yang telah diajukan NFA dapat dinilaikan dalam kegiatan EPSS ini" ujarnya. 

Kegiatan ini mengundang Tim EPSS dari Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai narasumber dan assessor pelaksanaan EPSS di Badan Pangan Nasional. Selain dihadiri oleh tim EPSS, Badan Pangan Nasional juga mengundang Eselon 2  lingkup Badan Pangan Nasional terkait yang melaksanakan kegiatan statistik di Badan Pangan Nasional. 

EPSS sendiri merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengukur capaian kemajuan penyelenggaraan Statistik Sektoral. Dan juga untuk meningkatkan kualitas data  yang dihasilkan oleh setiap instansi dan kualitas pelayanan publik di bidang statistik. 

#Pangan #badanpangannasional #pangankuatindonesiaberdaulat #ketahananpangan #kemandirianpangan #kedaulatanpangan #sinergipangan  #statistik #pusdatin

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.