BADAN PANGAN NASIONAL
Selenggarakan Festival Pangan Nusantara, Badan Pangan Nasional Ajak Masyarakat Bersatu Padu dalam Semangat Pangan Untuk Negeri

JAKARTA – Memperingati 3 tahun Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) berbakti bagi bumi pertiwi, pada Minggu (28/7/2024) mendatang, gelaran Festival Pangan Nusantara dipersembahkan NFA untuk masyarakat secara luas. Bertempat di Plaza Timur Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, berbagai rangkaian kegiatan seru dan bakti layanan NFA dapat disaksikan bersama-sama.

"Kami di Badan Pangan Nasional ingin mempersembahkan 3 tahun ini dengan menyajikan pangan pokok berkualitas dengan harga yang sangat baik, sehingga masyarakat selalu senang saat membeli dan mengonsumsinya. Tentunya sedulur petani, pedagang, dan pelaku usaha kita ajak guyub. Jadi semua elemen kita ajak hadir tanpa terkecuali," terang Kepala NFA Arief Prasetyo Adi dalam keterangannya, Jumat (26/7/2024).

Dengan mengusung 'Pangan Untuk Negeri', NFA ingin memperingati 3 tahun kiprahnya sebagai refleksi capaian kinerja yang bermuara pada ketahanan pangan nasional. Melalui dedikasi dan ikhtiar tanpa henti, NFA ingin bantu mewujudkan pangan Indonesia yang inklusif, tangguh, dan berkelanjutan dalam upaya pencapaian ketahanan pangan.

"Kita yakin dengan kolaborasi dan partisipasi bersama banyak pihak, semangat 'Pangan Untuk Negeri' dapat terwujud. Apalagi tantangan pangan kedepannya sesuai arahan Bapak Presiden bisa semakin kompleks karena ada ancaman kekeringan, sehingga kita harus bersiap. Fokus peningkatan produksi dalam negeri mesti kita dukung. Mari berpadu dan berikhtiar bersama demi aktualisasi pangan Indonesia yang berlandaskan kedaulatan dan kemandirian yang berdikari," ucap Arief.

Lebih lanjut, 'Festival Pangan Nusantara' akan diawali 'NFA Fun Run 5K' yang dimulai dari Plaza Timur GBK ke arah jalan Sudirman dan Semanggi hingga kembali ke titik mulai. Selanjutnya masyarakat diajak menyegarkan diri dengan mengikuti senam pagi sekaligus kampanye 'Stop Boros Pangan'.

Untuk diketahui, NFA turut berupaya mengatasi sisa dan susut pangan melalui inisiasi 'Gerakan Selamatkan Pangan'. Sejak 2022 sampai saat ini terus dilaksanakan di wilayah Jabodetabek. Melalui pemanfaatan mobil logistik pangan dalam penyaluran donasi pangan, pencapaian pangan yang terselamatkan hingga minggu ketiga Juli 2024 tercatat sebanyak 66,5 ton dan jumlah pangan yang tersalurkan sebanyak 44,8 ton.

NFA juga ingin menyosialisasikan gemar makan telur dan minum jus buah agar masyarakat senantiasa terpenuhi protein dan vitaminnya. Aneka fun games dan door prize bisa masyarakat ikuti pula. Bagi anak-anak, ada pula lomba mewarnai, menggambar, dan juga dongeng. 

Bagi para pelaku usaha, NFA menggelar coaching clinic seputar keamanan pangan segar dan sosialisasi perizinan pangan. Kegiatan pengawasan pangan segar on the spot dengan memeriksa sampel dari pangan yang diperjualbelikan juga akan dilaksanakan. Semua rangkaian kegiatan itu tidak dipungut biaya dan terbuka bagi umum.


Tak lupa pula, masyarakat bisa berbelanja di Gerakan Pangan Murah (GPM). GPM dipastikan akan menyediakan aneka pangan pokok yang ditawarkan dengan harga di bawah pasar. GPM memang menjadi salah satu instrumen yang diandalkan pemerintah dalam upaya pengendalian kondisi pangan dan inflasi.


Di malam harinya, akan dihelat 'NFA Award' sebagai puncak peringatan hari ulang tahun ke-3 NFA. Beberapa simbolisasi penyerahan dan penghargaan dari NFA antara lain 5 unit mobil SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan), sarana prasarana logistik pangan ke 6 provinsi, penyerahan sertifikat Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) ke 8 provinsi, penghargaan integrasi data pangan inovatif, dan penyerahan hadiah lomba video reels Instagram.


"Setiap tahunnya Badan Pangan Nasional memberikan apresiasi ke pemerintah daerah dan segenap stakeholder pangan yang selama ini telah bahu membahu. Ada penghargaan ke enumerator panel harga pangan terbaik, GPM terbaik, Kanwil dan Kancab Bulog sampai mitra pendukung terbaik. Kita harap ini bisa jadi pelecut spirit dalam implementasi 'Pangan Untuk Negeri' untuk seterusnya," pungkas Kepala NFA Arief Prasetyo Adi.


Terakhir, ada pula peluncuran beberapa program yang disusun NFA antara lain Sistem Informasi Gerakan Pangan Murah (SiGempur), Sistem Informasi Monitoring Stok Pangan Strategis (SIMONSTOK), Badan Pangan CSIRT (Computer Security Incident Respons Team), logo 'Kios Pangan', dan Anugerah ASN NFA Terbaik. 



————————————————————————


*Siaran Pers*

*Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA)*

157/R-NFA/VII/2024


26 Juli 2024


Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

komunikasi@badanpangan.go.id


Telp : 087783220455

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.