Sidang Regional DKP 2014 Wilayah Barat

Sekretariat Dewan Ketahanan Pangan (DKP) telah menggelar Sidang Regional (Sireg) DKP untuk Wilayah Barat Indonesia di Hotel Horison Bandung, Jawa Barat pada tanggal 7 - 9 Mei 2014. Sireg dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Barat H. Dedi Mizwar yang mewakili Gubernur Jawa Barat dan dilanjutkan dengan arahan Menteri Pertanian yang diwakili oleh Wakil Menteri Pertanian Dr. Rusman Heriawan, SE, M.Si. Sireg DKP WIlayah Barat dihadiri oleh 24 Bupati, 6 Walikota, 14 Wakil Bupati/Walikota selaku Ketua DKP tingkat Kabupaten/Kota, serta para Sekretaris DKP selaku Kepala badan/kantor/unit kerja yang menangani ketahanan pangan tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumatera dan Jawa.

 

Dalam pelaksanaan Sireg ini, Ketua Sidang terpilih ialah Walikota Depok Dr. Ir. Nur Mahmudi Isma’il, M.Sc, Wakil Ketua Sidang Wakil Walikota Padang Panjang, dr. H. Mawardi, MKM, dan Sekretaris Sidang yaitu Kepala Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Jawa Barat Dr. Ir. Dewi Sartika, M.Si. Adapun tema besar dalam Sireg tahun 2014 ialah Politik Pangan yang Berkeadilan dan Bermartabat untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan dan Gizi Seimbang yang merupakan inisiasi dari Pokja Ahli dan Pokja Khusus DKP.

 

Hadir sebagai narasumber yaitu (1) Dr. Hadiat, MA dari Bappenas yang memaparkan tentang peran perempuan dalam penyediaan gizi; (2) Ahmad Hidayat dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha yang memaparkan tentang Kartel dalam industri pangan Indonesia; (3) Prof. Sumarno dari Pokja Ahli DKP yang memaparkan tentang produksi pangan, pengelolaan dan perlindungan lahan serta pemanfaatan biomassa; (4) Prof. Ernan dari IPB yang memaparkan tentang rencana tata ruang wilayah dan reforma agraria untuk pengembangan pangan lokal; dan (5) Prof. Nurpudji dari Pokja Ahli DKP yang memaparkan tentang Evaluasi Kinerja Dewan Ketahanan Pangan.

 

Dalam penyelenggaraannya, Sireg DKP dibagi dalam tiga kelompok diskusi yang masing-masing fokus membahas hal mengenai Kartel: Hambatan pemenuhan atas pangan, Peran perempuan dalam penyediaan gizi (early life nutrition), serta Peningkatan produksi pangan melalui perlindungan dan pengelolaan lahan serta pengembangan pangan lokal. Dalam diskusi tersebut, setiap kelompok akan merumuskan usulan kebijakan pangan terkait dengan masing-masing sub-tema sebagai rancangan rumusan hasil Sireg DKP Wilayah Barat tahun 2014. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penandatanganan rumusan sidang oleh para Bupati/Walikota yang hadir dan disaksikan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian selaku Sekretaris DKP Prof. Dr. Ir. Achmad Suryana, MS.

 

Adapun beberapa butir penting terkait hasil rumusan Sireg DKP Wilayah Barat tahun 2014 ialah sebagai berikut:

  1. Kelembagaan

Status kelembagaan pangan perlu diperkuat dengan mengangkat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sebagai Ketua Harian DKP. Sedangkan kelembagaan BKP menjadi Kementerian Ketahanan Pangan.

  1. Kartel: Hambatan Pemenuhan Hak Atas Pangan
  2. a) Pemerintah dan Pemerintah Daerah bersama dengan asosiasi/lembaga swadaya masyarakat perlu melakukan pengawasan terhadap kartel pangan;
  3. b) Perlu dilakukan upaya penegakan hukum terhadap pelanggaran UU No.5 tahun 1999, serta perlu dibentuk Peraturan Daerah sebagai turunan dari UU tersebut;
  4. c) Sistem koperasi perlu dioptimalkan sebagai upaya perlindungan terhadap konsumen dan pelaku usaha pangan.
  5. Peran Perempuan dalam Penyediaan Gizi (Early Life Nutrition)
  6. a) Program pemberdayaan perempuan khususnya terkait dengan penyediaan gizi, perlu diintegrasikan baik di tingkat Pusat maupun Daerah;
  7. b) Pembentukan pola konsumsi pangan B2SA (beragam, bergizi, seimbang, dan aman) perlu mengikutsertakan partisipasi aktif masyarakat;
  8. c) Pentingnya dukungan APBD untuk pemberdayaan perempuan dan penyediaan gizi.
  9. Peningkatan Produksi Pangan melalui Perlindungan & Pengelolaan Lahan serta Pengembangan Pangan Lokal
  10. a) Penguatan komitmen Kepala Daerah terhadap perlindungan lahan pertanian;
  11. b) Pemberian insentif dan disinsentif sebagai bentuk reward and punishment, khususnya kepada petani dan pengusaha;
  12. c) Gerakan P2KP (percepatan penganekaragaman konsumsi pangan) perlu digalakkan secara besar di seluruh wilayah Indonesia.

 

Selanjutnya Sekretariat DKP akan menggelar Sireg untuk Wilayah Timur Indonesia pada tanggal 21-23 Mei 2014 di Kota Manado, Sulawesi Utara. Hasil rumusan Sireg tersebut selain sebagai bahan implementasi Bupati/Walikota di masing-masing daerahnya juga akan ditindaklanjuti dalam Konferensi DKP tahun ini yang akan dipimpin langsung oleh Presiden dan akan dihadiri oleh para Gubernur se-Indonesia.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.